Sukses

Kasus Covid-19 Naik, Pemerintah Belum Terpikir Terapkan PPKM Darurat dan Lockdown

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengakui ada kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia, salah satunya karena varian Omicron.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengakui ada kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia, salah satunya karena varian Omicron. Namun, dia menegaskan pemerintah belum berencana kembali menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat maupun lockdown.

"Pemerintah hari ini menegaskan akan terus menggunakan asesmen Level sebagai basis pengetatan masyarakat. Sampai dengan saat ini Pemerintah belum terpikir untuk melakukan pemberlakuan PPKM Darurat kembali apalagi sampai melakukan lockdown," kata Luhut dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (24/1/2022).

Menurut dia, varian Omicron memang lebih cepat menginfeksi dan menyebabkan jumlah kasus harian Covid-19 meningkat tajam dan tingkat perawatan di rumah sakit menjadi melonjak. Hanya saja, kata Luhut, risiko perawatan dan tingkat kematian akibat varian Omicron cukup rendah.

Untuk itu, dia meminta pemerintah daerah untuk mengikuti aturan penanganan pandemi Covid-19 yang dikeluarkan pemerintah pusat. Hal ini untuk mencegah terjadinya dampak buruk di kemudian hari.

"Pemerintah meminta kepada setiap Kepala Daerah dan Forkompimda setempat agar kembali taat kepada aturan Asesmen Level yang dikeluarkan Pemerintah dan mentaati setiap kebijakan yang dituangkan untuk mencegah terjadinya dampak buruk dikemudian hari," jelas Luhut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minta Masyarakat Vaksin Booster

Pada sisi lain, Luhut meminta agar masyarakat yang sudah memiliki tiket vaksin ketiga atau booster, agar langsung melakukan suntikan vaksin di gerai-gerai yang telah disediakan oleh Pemerintah.

Selain itu, pemerintah mendorong vaksinasi dosis kedua untuk umum dan lansia terutama di provinsi, kabupaten, kota yang belum memenuhi jumlah capaian dosis vaksinasi.

"Saya memohon khusus kepada seluruh Kepala Daerah dan Pimpinan Wilayah di daerah-daerah yang dosis 2 umum dan Lansia masih di bawah rata-rata Pemerintah untuk mempercepat vaksinasi supaya memberikan perlindungan lebih terhadap varian Omicron ini," tutur dia.

"Sehingga hal-hal yang dikhawatirkan akan lebih dapat dimitigasi," sambung Luhut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • PPKM Darurat adalah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yang hanya diterapkan di wilayah Jawa-Bali.

    PPKM Darurat

  • Lockdown