Sukses

Ridwan Kamil: Antisipasi Omicron, RS Isolasi dan Oksigen Kita Siapkan

Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya tengah bersiap mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 varian Omicron, dengan menyiapkan sejumlah hal seperti rumah sakit isolasi sampai oksigen.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya tengah bersiap mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 varian Omicron, dengan menyiapkan sejumlah hal seperti rumah sakit isolasi sampai oksigen.

Hal tersebut disampaikannya usai peresmian Alun-Alun Garut di Kabupaten Garut, Minggu (23/1/2022).

"Antisipasi Omicron itu kita sedang persiapan, rumah sakit (tempat) isolasi terpadu, oksigen sudah kita siapkan," kata pria yang akrab disapa Kang Emil ini.

Seperti dilansir dari Antara, dia menjelaskan bahwa pemerintah pusat maupun provinsi sudah melakukan langkah antisipasi untuk menghadapi terjadinya lonjakan kasus Omicron, salah satunya menyiapkan ruang isolasi dan oksigen.

Kang Emil juga menjelaskan, saat ini kasus Omicron sudah ada yang ditemukan di sejumlah daerah Jawa Barat seperti Bekasi, Depok, dan Bogor.

Sedangkan daerah lain, kata dia, seperti wilayah Priangan Timur di antaranya Kabupaten Garut tidak ditemukan kasus Covid-19 varian Omicron, meski begitu harus tetap waspada dengan mematuhi protokol kesehatan dan divaksin.

"Jadi yang ada di Jawa Barat mayoritas ada di Bogor, Depok, dan Bekasi, belum tersiar kabar di daerah Priangan," kata Kang Emil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perjalanan Luar Negeri

Kang Emil mengatakan, kasus Covid-19 varian Omicron itu diketahui berasal dari masyarakat yang sebelumnya pulang dari negara yang sudah ditemukan kasus Omicron.

"Seratus persen Omicron tuh impor ya jadi kebanyakan datang dari perjalanan luar negeri, pengawalan, pengetatan sudah baik di bandara," katanya.

Kang Emil berharap tahun 2022 lebih maksimal lagi melakukan penanganan Covid-19, termasuk langkah pencegahan dengan menggelorakan vaksinasi untuk semua kalangan masyarakat.

"Vaksinasi saya terima laporan sudah 84 persen, sehingga Omicron insya Allah bisa kita tangani dengan baik selama kita menjalankan prokes," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.