Metro Sepekan: Banjir Rendam Dua Perumahan di Bekasi Akibat Hujan Deras

Oleh Devira PrastiwiMaria FloraDicky Agung PrihantoBam Sinulingga pada 24 Jan 2022, 08:33 WIB
Diperbarui 24 Jan 2022, 08:33 WIB
Kondisi Tanggul Sungai Citarum yang Jebol
Perbesar
Suasana banjir akibat tanggul jebol di Desa Sumberurip Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (22/2/2021). Banjir akibat luapan sungai Citarum mengakibatkan 5 Desa terisolir selama tiga hari akibat tanggul sungai Citarum jebol. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Pada Selasa 18 Januari 2022, wilayah Kecamatan Karangbahagia, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat dilanda banjir usai hujan deras yang mengguyur.

Sebanyak dua perumahan terendam air. Ketinggian airnya dilaporkan mencapai 80 sentimeter. Hal itu disampaikan Camat Karangbahagia Karnadi.

Dua perumahan yang terdampak banjir, yakni Puri Nirwana Residence yang terletak di Desa Sukaraya, serta Perumahan Sakura di Desa Karangrahayu.

Kemudian, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan skenario pembelajaran tatap muka (PTM) jika status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Ibu Kota naik menjadi Level 3.

Namun seperti diketahui, pada saat perpanjangan kali ini hingga 24 Januari 2022, Jakarta masih memberlakukan PPKM Level 2.

Salah satu skenarionya adalah akan dilakukan pembatasan jumlah siswa saat pelaksanaan PTM ketika status Ibu Kota meningkat menjadi PPKM Level 3.

Sementara itu, seorang mahasiswa Fakultas Farmasi UI, Bonita Melia (23) menjadi korban usai tertabrak Kereta Rel Listrik (KRL) pada Kamis 20 Januari 2022.

Diketahui saat kejadian, korban dari arah UI hendak menuju Pondok Cina. Sesampainya di perlintasan kereta berpalang, korban hendak melintas saat kereta KA 1676 jurusan Jakarta – Bogor akan melintas.

Berikut deretan berita metro yang paling banyak dicari pembaca Liputan6.com dalam sepekan terakhir:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Dua Perumahan di Bekasi Terendam Banjir 80 Sentimeter

Kondisi Tanggul Sungai Citarum yang Jebol
Perbesar
Warga berdiri di dekat banjir akibat tanggul jebol di Desa Sumberurip Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (22/2/2021). Banjir akibat luapan sungai Citarum mengakibatkan 5 Desa terisolir selama tiga hari akibat tanggul sungai Citarum jebol. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Karangbahagia, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa 18 Januari 2022, merendam sedikitnya dua perumahan. Ketinggian air banjir itu disebutkan mencapai 80 sentimeter.

Dua perumahan yang terdampak banjir, yakni Puri Nirwana Residence yang terletak di Desa Sukaraya, serta Perumahan Sakura di Desa Karangrahayu. Saat ini banjir masih mengepung dua perumahan tersebut.

"Laporannya dari kemarin malam. Ketinggian air mencapai 80 sentimeter waktu pertama terima laporan," kata Camat Karangbahagia, Karnadi, Rabu 19 Januari 2022.

Karnadi berujar, banjir di wilayahnya terjadi akibat curah hujan yang tinggi dan intens. Sehingga menyebabkan air sungai yang berada dekat permukiman warga, meluap.

 

Selengkapnya...

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Skenario Pemprov DKI Terkait PTM Jika Jakarta Masuk PPKM Level 3

.Jakarta Gelar Pembelajaran Tatap Muka 100 persen
Perbesar
Siswa mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SDN 01 Pondok Labu, Jakarta, Senin (3/1/2022). PTM terbatas dilaksanakan setiap hari dengan jumlah peserta didik dapat 100 persen dari kapasitas ruang kelas dengan lama belajar paling banyak enam jam pelajaran per hari. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seperti apa skenario pembelajaran tatap muka (PTM) di wilayah DKI Jakarta jika status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Ibu Kota naik menjadi level tiga? Jumlah dan jam belajar siswa akan kembali dibatasi. 

Seperti diketahui pelaksanaan PTM 100 persen di Ibu Kota telah berjalan terhitung mulai dari minggu pertama di bulan Januari 2022. Seiring kegiatan belajar mengajar kembali dilakukan, varian baru Omicron Covid-19 ditemukan di lingkungan sekolah.

Kasus tersebut dilaporkan terjadi pada siswa SMAN 71 Jakarta usai dinyatakan positif Covid-19. Usai ditemukan kasus positif, kegiatan PTM di sekolah tersebut dihentikan sementara terhitung Senin, 10 Januari hingga Jumat, 14 Januari 2022.

"Jumat sore setelah maghrib kami mendapat kabar dari wali kelasnya, ada siswa terkonfirmasi positif Covid-19," kata Kepala SMA Negeri 71 Jakarta, Acep Mahmudin di Jakarta, Selasa, 11 Januari dikutip Antara. 

 

Selengkapnya...

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Anggota BEM UI Meninggal Tertabrak KRL di Depok

Ada Pergantian Wesel, KRL Beroperasi Hanya Sampai Stasiun Manggarai
Perbesar
Kereta commuter line melintas di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (13/2/2020). PT KCI melakukan rekayasa perjalanan KRL Bogor dan Bekasi terkait penggantian wesel atau persimpangan rel di stasiun Gambir dan Jakarta Kota. (merdeka.com/Magang/Muhammad Fayyadh)

Mahasiswa Fakultas Farmasi UI, Bonita Melia (23) menjadi korban usai tertabrak Kereta Rel Listrik (KRL). Pada saat kejadian, korban melintas di palang pintu perlintasan yang sudah tertutup dan tidak mengindahkan larangan petugas.

Kapolsek Beji, Kompol Agus Khaeron mengatakan, pada saat kejadian korban dari arah UI hendak menuju Pondok Cina. Sesampainya di perlintasan kereta berpalang, korban hendak melintas saat kereta KA 1676 jurusan Jakarta – Bogor akan melintas.

“Korban sempat diteriaki untuk berhenti oleh saksi untuk tidak melintas, korban tidak mengindahkan dan akhirnya tertabrak,” ujar Agus saat dihubungi Liputan6.com, Kamis 20 Januari 2022.

Agus mengungkapkan, akibatnya tubuh korban berbenturan dengan KRL yang melintas. Tubuh korban terseret KRL yang melintas dari perlintasan berpalang pintu hingga ke peron Stasiun Pondok Cina.

 

Selengkapnya...

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Jurus Gubernur Anies Baswedan Hadapi Banjir Jakarta

Infografis Jurus Gubernur Anies Baswedan Hadapi Banjir Jakarta. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Jurus Gubernur Anies Baswedan Hadapi Banjir Jakarta. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya