Sukses

Aice Es Krim Hadir Agar Anak Nggak Takut Divaksin, Patut dicontoh!

#15HariEsKrimAiceBerbagiSehat pada 15 Januari 2022, Aice kembali membagikan es krim gratis kepada ribuan anak 6-12 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah mengikuti anjuran organisasi kesehatan dunia (WHO) untuk mencapai target 40% vaksinasi Covid-19 dari total populasi. Tahun ini, Pemerintah pun mengejar target pelaksanaan vaksinasi yang merata. 

Nah berkaitan dengan hal tersebut, selain orang dewasa, vaksinasi juga ditujukan untuk anak usia 6-11 tahun yang diberikan sejak Desember 2021. Agar proses vaksinasi berjalan lancar, Pemerintah tentu nggak bisa bergerak sendiri, butuh dukungan dari sejumlah pihak. 

Ya, dukungan tersebut menjadi penting bagi anak-anak. Apalagi yang diketahui bersama, nggak sedikit anak masih merasa takut ketika akan diberikan suntik vaksin Covid-19. 

Nah bagi para orangtua yang mengantar si Kecil untuk vaksin, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, guna meredam rasa takutnya, seperti sebagai berikut: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ajak Ngobrol

Ini adalah hal pertama yang bisa Anda lakukan sebelum si kecil disuntik. Mengalihkan perhatian anak dari jarum suntik, bisa dilakukan dengan cara mengajaknya mengobrol. 

Misalnya, Anda bisa melemparkan pertanyaan yang cukup sulit agar si Kecil bisa lebih berpikir untuk mencari jawabannya. Cara ini cocok diterapkan untuk anak yang usianya di atas enam tahun atau cukup besar. 

3 dari 5 halaman

Buat Anak Lebih Santai

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat si Kecil lebih santai. Salah satu yang bisa dilakukan dengan sederhana adalah memeluknya sambil mengelus punggungnya dengan lembut. Cara ini cocok diaplikasikan untuk anak usia enam tahun. 

Anda juga dapat mengajaknya untuk berkenalan dengan dokter. Mintalah si Kecil untuk menyebutkan nama, umur, dan kelas. Jika perlu, minta si Kecil menyebutkan hal yang disukainya, dengan begitu, si Kecil akan merasa nyaman dan rasa takutnya pun berkurang. 

4 dari 5 halaman

Hindari Memarahi si Kecil

Ketika anak akan disuntik atau divaksin, namun si Kecil enggan melakukannya dan mulai menangis, ada baiknya Anda nggak langsung memarahinya. Ingat bahwa memaksa anak bukan hal yang baik, apalagi ketika sudah urutan si Kecil untuk disuntik. 

Memaksanya dengan menahan tubuhnya agar nggak bergerak, bukan cara terbaik. Apalagi sikap itu Anda lakukan disertai dengan bentakan. Ada baiknya Anda menjelaskan tentang apa yang akan dihadapinya dan manfaat kesehatan yang diterima ya ketika disuntik. 

5 dari 5 halaman

Beri Pujian

Hal ini bisa Anda lakukan sebelum si Kecil disuntik. Berikan afirmasi positif dan penghargaan atas usahanya untuk melawan rasa takutnya. 

Ya, pujian Anda sangat mempengaruhi mental si Kecil lho. Ketika si Kecil mulai tenang, ajak dia untuk mulai percaya dan menyodorkan bagian lengan yang akan disuntik. 

Begitu proses suntik selesai, jangan lupa berterima kasih kepada si Kecil atas usahanya. Nah berkaitan dengan pujian itu, Aice ikut berbagi kebahagiaan untuk anak-anak penerima vaksin. 

Dalam rangka #15HariEsKrimAiceBerbagiSehat pada 15 Januari 2022, Aice kembali membagikan es krim gratis kepada ribuan anak 6-12 tahun dalam program vaksinasi anak yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kota Bandung, Kepolisian Kabupaten Bandung, Puskesmas setempat serta RS Unimedika Bekasi.

Sejalan dengan taglinenya "Have an Aice Day", Aice juga menetapkan tanggal 15 sebagai #15HariEsKrimAiceBerbagiSehat. Untuk diketahui, Aice terus berkomitmen pada program yang sudah dijalankan sejak Oktober 2020. 

Sebelumnya Aice di setiap tanggal 15 Aice telah menjalankan program berbagi sehat dalam bentuk yang inovatif dan berbeda-beda. Mulai dari kampanye edukasi, tips pencegahan Covid-19 bagi konsumen yang mengunjungi warung Aice di setiap tanggal 15.

Selain itu, dalam kesempatan pemberian vaksinasi dan es krim Aice gratis di Bandung, Drg Kurnia Tejaningtias selaku Kepala UPT Puskesmas Cibuntu menyampaikan terima kasihnya. 

"Terima kasih kepada Aice atas partisipasinya membantu anak-anak di SD 011 Cibuntu. Semua yang berkolaborasi di sini bukan hanya dari sektor kesehatan saja. Tapi bisa dari masyarakat, TNI, Polri, atau organisasi kemasyarakatan yang ikut membantu vaksinasi Covid-19 ini," kata dr Kurnia. 

Di tahun 2022, Program #15HariEsKrimAiceBerbagiSehat akan berkesinambungan dijalankan oleh AICE untuk berbagi dan membantu masyarakat terseyum lewat es krim berkualitas dan inovatifnya . 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini