Cegah Banjir, DKI Jakarta Keruk Lumpur 6 Waduk di Jakut

Oleh Liputan6.com pada 21 Jan 2022, 14:28 WIB
Diperbarui 21 Jan 2022, 14:28 WIB
Pembersihan Sampah di Waduk Cincin
Perbesar
Petugas UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup saat membersihkan sampah yang mencemari Waduk Cincin, Jakarta Utara, Rabu (23/6/2021). Pengerukan sampah dilakukan secara rutin guna menjaga kebersihan dan keindahan waduk, terutama saat memasuki musim penghujan. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengeruk 6 waduk di Jakarta Utara untuk mencegah banjir di Ibu Kota. Akun Instagram resmi Pemprov DKI @dkijakarta, melaporkan gerebek lumpur yang dilakukan Dinas Sumber Daya Air (SDA) itu.

Gerebek lumpur merupakan salah satu upaya Pemprov DKI Jakarta dalam menangani banjir.

Enam waduk itu adalah Waduk Kampung Kandang, Waduk Rawa Malang, Waduk Teluk Gong, Waduk Rawa Badak, Waduk Don Bosco, dan Embung Jalan Kesatria.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pengendalian banjir yang dilakukan Pemprov DKI, salah satunya dengan cara mengoptimalkan fungsi waduk, situ, dan embung dengan cara gerebek lumpur.

Terlebih ditopang dengan pembangunan sumur resapan yang, menurut dia, manfaatnya sudah terlihat 2 tahun lalu dalam mengatasi banjir Jakarta.

"Sudah dilihat, dirasakan dua tahun ini, efektivitas sumur resapan kan cukup baik kemudian juga dibuat olakan-olakan selain program gerebek lumpur, program pembuatan situ, embung, waduk, polder kemudian tanggul program lainnya normalisasi, naturalsiasi semua dibuat," kata Ariza.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Alirkan Air Hujan ke Laut

Kepala Seksi Perencanaan pada Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Elisabeth Tarigan menuturkan pembangunan drainase vertikal, atau sumur resapan, sistem polder, dan waduk merupakan program konservasi Pemprov DKI dalam pengendalian air yang akan dialirkan ke laut.

"Pembangunan sistem polder dengan pompa pintu air dan waduk itu sudah kita lakukan, mengurangi debit air ke laut itulah program konservasi salah satunya adalah dengan drainase vertikal yang sudah dilaksanakan," ucap Elisabeth yang dikutip melalui akun Youtube Pemprov DKI, Selasa (14/12/2021).

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya