Sukses

Dishub DKI Jakarta Akan Bangun 190 Km Jalur Sepeda Tahun Ini

Pembangunan jalur sepeda sepanjang 190 km itu masuk dalam RPJMD Pemprov DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan membangun jalur sepeda sepanjang sekitar 190 kilometer pada tahun 2022.

"Itu termasuk dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) maupun kegiatan strategis daerah," kata Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo setelah rapat dengan Komisi B di Gedung DPRD DKI, Kamis (20/1/2022).

Menurut dia, penambahan jalur itu untuk mengakomodasi tingginya minat masyarakat yang beralih menggunakan sepeda di Jakarta, baik untuk olahraga atau sarana transportasi untuk bekerja.

Dalam rapat di Komisi B DPRD DKI, Kadishub menyebut, bahwa pada 2019 terjadi peningkatan hingga 1.000 persen pengguna sepeda di Ibu Kota.

"Tadinya hanya lima sampai enam itu langsung 100 pesepeda tiap pagi yang menjadikan sepeda menjadi bike to work," ujar Syafrin, seperti dikutip dari Antara.

Syafrin menjelaskan, jalur sepeda menjadi salah satu bagian dari fokus pemenuhan RPJMD yang akan dituntaskan tahun ini untuk tugas dan fungsi transportasi.

Selain itu, fokus yang dilakukan di antaranya bimbingan masyarakat dan menyerap aspirasi masyarakat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

170 Km Jalur Sepeda di 2021

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan 170 kilometer jalur sepeda di Ibu Kota hingga akhir 2021.

Per Juni 2021, total jalur sepeda di DKI Jakarta mencapai 63 kilometer, salah satu yang paling terkenal adalah jalur sepeda permanen di sepanjang Jalan Thamrin-Sudirman, Jakarta Pusat-Jakarta Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.