Akibat Hujan Deras, Tumpukan Sampah Rumah Tangga Penuhi Kali Sukatani Bekasi

Oleh Bam Sinulingga pada 20 Jan 2022, 08:18 WIB
Diperbarui 20 Jan 2022, 08:18 WIB
Tumpukan Sampah di Kalisukatani Bekasi
Perbesar
(Petugas UPTD Kebersihan membersihkan sampah yang menumpuk di Kali Sukatani, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Tumpukan sampah memadati bendungan Kali Sukatani, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Kondisi ini disebabkan hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut sejak Selasa, 18 Januari 2022 hingga Rabu 19 Januari 2022.

Sampah yang menumpuk didominasi limbah rumah tangga dan sampah berbahan plastik. Selain menyumbat air kali, tumpukan sampah juga mengganggu pemandangan warga sekitar.

Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kebersihan langsung menerjunkan sejumlah petugas untuk membersihkan sampah yang menutupi kali usai mendapat laporan. Pembersihan dilakukan secara manual menggunakan peralatan seadanya.

"Setelah mendapat laporan warga, bersama petugas kebersihan langsung fokus membersihkan sampah yang tersumbat di Kali Sukatani," kata Kepala UPTD Kebersihan setempat, Aliandri.

Pihaknya juga mengerahkan sejumlah armada pengangkut sampah. Seluruh sampah yang berhasil diangkut, dibawa menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng.

"Sampah yang menyumbat kebanyakan sampah rumah tangga," ujar Aliandri.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Petugas Akan Ditempatkan di Bendungan

Tumpukan Sampah di Kalisukatani Bekasi
Perbesar
(Petugas UPTD Kebersihan membersihkan sampah yang menumpuk di Kali Sukatani, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. (Foto: Istimewa)

Aliandri mengatakan, sampah yang menutupi Kali Sukatani tidak bisa seluruhnya diangkut hari ini. Pembersihan rencananya akan dilanjutkan esok hari, agar air kali bisa kembali lancar.

Mengingat saat ini masih musim penghujan, lanjut Aliandri, pihaknya akan menyiagakan petugas di bendungan untuk memantau jikalau ada sampah yang kembali menumpuk di Kali Sukatani.

"Nantinya juga akan ditempatkan petugas khusus di bendungan tersebut agar dapat memantau sampah yang tersumbat untuk kemudian langsung dibersihkan," tandasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya