Sukses

NasDem: Ahok hingga Azwar Anas Mumpuni Jadi Calon Kepala Otorita

Nama Bambang Brodjonegoro, Azwar Anas, hingga Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok adalah sosok yang memiliki kemampuan mumpuni menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Liputan6.com, Jakarta Fraksi Partai NasDem angkat bicara terkait nama-nama yang muncul sebagai calon kepala otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Sekretaris NasDem, Saan Mustopa, menyebut nama Bambang Brodjonegoro, Azwar Anas, hingga Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok adalah sosok yang memiliki kemampuan mumpuni menjadi Kepala Otorita.

"Menurut saya sih nama-nama itu, kayak Pak Bambang Brodjonegoro itu karena mereka pernah menjadi Kepala Bappenas, sudah lama di kabinet, menurut saya juga sangat memadai. Ada Pak Ahok yang punya pengalaman di DKI, ada Pak Azwar Anas pernah bupati dua periode di Banyuwangi, dan juga kita lihat hasil di Banyuwangi baik. Menurut saya nama-nama itu kalau Presiden tetapkan, punya kemampuan memadai untuk menjadi kepala otorita," kata Saan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (19/1/2022).

Saan menyatakan, calon kepala otorita harus memiliki beberapa kriteria. Salah satunya memiliki latar belakang teknokrasi dan memiliki kemampuan menyelenggarakan pemerintahan.

"Harus seorang yang teknokrat, dia harus benar-benar punya latar belakang teknokrasi, punya kemampuan di bidang ini karena dia harus mempersiapkan, membangun, dan bahkan menyelenggarakan pemerintahan," ujar politukus NasDem ini. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggung Jawab Besar

Anggota Komisi II itu mengingatkan tanggung jawab Kepala Otorita yang sangat besar, sehingga tidak bisa sembarang orang menjabatnya.

"Jadi ini pekerjaannya luar biasa besar. Dan menurut saya perlu orang yang mumpuni," pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.