Sukses

Sekjen Kemensos Diusir Komisi VIII DPR Saat Rapat Pembahasan Anggaran

Ace menegaskan, sikap kritis dari Komisi VIII terhadap kemensos jangan dianggap sebagai sinisme.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi VIII DPR RI mengusir Sekjen Kementerian Sosial Harry Hikmat dalam rapat pembahasan anggaran Kemensos 2022 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Penyebabnya komunikasi yang buruk dari Harry kepada Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily yang dinilai tidak etis.

"Sekjen memang waktu itu telah minta maaf, tapi setelah itu nyerocos bu, bahwa apa yang kami lakukan itu sinis, bahwa saya diundang oleh Kemensos enggak pernah datang. Apa urusannya bicara seperti itu?" kata Ace saat rapat komisi VIII dengan Kemensos, Rabu (19/1).

"Saya sudah beberapa kali bicara dengan teman-teman Komisi VIII, buat saya pribadi saya enggak ada masalah. Mana ada saya marah-marah baik sebelum Ibu jadi menteri. Saya enggak pernah sinis," sambungnya.

Ace menegaskan, sikap kritis dari Komisi VIII terhadap kemensos jangan dianggap sebagai sinisme. Dia bilang, tugas DPR adalah pengawasan.

"Jangan dianggap sikap kritis kami itu sebagai bentuk sinis, jangan dianggap berburuk sangka, tugas parlemen mengawasi," kata dia.

Terkait perseteruan tersebut, Mensos Tri Rismaharini meminta maaf secara pribadi.Ia siap jika harus duduk di bawah kursi dan meminta maaf pada satu persatu anggota Komisi VIII DPR.

"Saya atas nama siapapun di Kemensos, saya minta maaf," ucap Risma.

"Kalau memang saya harus berada di tempat Pak Ace dan saya duduk dibawah, akan saya lakukan," katanya.

Komisi VIII pun mengusir Harry Hikmat dari rapat. Dia diminta keluar ruangan oleh Ketua Komisi VIII Yandri Susanto.

"Pak Sekjen sebaiknya meninggalkan tempat dulu bu. Kalau enggak, mungkin ini enggak berlanjut bu. Benar Pak Ace, ini bukan pribadi ini semua fraksi," ucapnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komentar Sekjen Kemensos

Sementara, Sekjen Kemensos Harry Hikmat sangat menyesal dengan perbuatannya. Dia sudah menyampaikan permintaan maafnya kepada Ace.

"Secara jujur dari hati yang paling dalam, saya mohon maaf atas apa yang sudah saya lakukan, apa yang sudah saya komunikasikan kepada Pak Ace dan juga saya mohon maaf atas nama Sekjen yang secara hubungan kelembagaan mungkin dangat berpengaruh sampai seperti hari ini," ujarnya.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra 

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.