Jokowi: Pasien Terinfeksi Varian Omicron Bisa Pulih Tanpa Dirawat di RS

Oleh Lizsa Egeham pada 18 Jan 2022, 18:48 WIB
Diperbarui 18 Jan 2022, 18:48 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal di Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta, Kamis (10/6/2021).
Perbesar
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal di Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta, Kamis (10/6/2021).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta masyarakat tak panik terhadap tren kenaikan kasus Covid-19 varian Omicron. Kendati lebih cepat menular, kata dia, varian Omicron memiliki gejala yang ringan dan pasien yang terpapar bisa sembuh tanpa dirawat di rumah sakit (RS).

"Berbagai studi termasuk laporan WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) menyebutkan varian Omicron memang lebih mudah menular, namun gejalanya lebih ringan. Pasien yang terinfeksi varian ini umumnya pulih, tanpa harus dirawat di rumah sakit," ujar Jokowi dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (18/1/2022).

Namun, dia mengatakan masyarakat tak boleh jemawa, gegabah, dan harus mewaspadai penularan varian Omicron. Untuk itu, Jokowi meminta masyarakat menghindari pusat-pusat keramaian dan mulai bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

"Jika tidak memiliki keperluan mendesak, sebaiknya mengurangi kegiatan di pusat-pusat keramaian. Dan untuk mereka yang bisa bekerja dari rumah, work from home, lakukanlah kerja dari rumah," jelasnya.

Selain itu, Jokowi meminta masyarakat menahan diri untuk tak berpergian ke luar negeri. Terlebih, masuknya varian Omicron ke Indonesia berasal dari pelaku perjalanan luar negeri.

"Saya juga meminta untuk tidak bepergian ke luar negeri jika tidak ada urusan yang penting dan mendesak," kata Jokowi.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pentingnya Vaksinasi

Disisi lain, dia mengingatkan semua masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan dan segera melakukan vaksinasi Covid-19. Jokowi menekankan pentingnya vaksinasi di masa pandemi virus corona.

"Yang belum mendapatkan vaksin segeralah untuk di vaksin. Yang sudah mendapatkan vaksin (dosis) pertama, segera vaksin untuk yang kedua. Yang sudah dua kali vaksin, segera cari vaksin ketiga vaksin booster. Semuanya gratis," tutur Jokowi.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya