Sukses

Jokowi: Pasien Terinfeksi Varian Omicron Bisa Pulih Tanpa Dirawat di RS

Namun, dia mengatakan masyarakat tak boleh jemawa, gegabah, dan harus mewaspadai penularan varian Omicron.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta masyarakat tak panik terhadap tren kenaikan kasus Covid-19 varian Omicron. Kendati lebih cepat menular, kata dia, varian Omicron memiliki gejala yang ringan dan pasien yang terpapar bisa sembuh tanpa dirawat di rumah sakit (RS).

"Berbagai studi termasuk laporan WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) menyebutkan varian Omicron memang lebih mudah menular, namun gejalanya lebih ringan. Pasien yang terinfeksi varian ini umumnya pulih, tanpa harus dirawat di rumah sakit," ujar Jokowi dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (18/1/2022).

Namun, dia mengatakan masyarakat tak boleh jemawa, gegabah, dan harus mewaspadai penularan varian Omicron. Untuk itu, Jokowi meminta masyarakat menghindari pusat-pusat keramaian dan mulai bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

"Jika tidak memiliki keperluan mendesak, sebaiknya mengurangi kegiatan di pusat-pusat keramaian. Dan untuk mereka yang bisa bekerja dari rumah, work from home, lakukanlah kerja dari rumah," jelasnya.

Selain itu, Jokowi meminta masyarakat menahan diri untuk tak berpergian ke luar negeri. Terlebih, masuknya varian Omicron ke Indonesia berasal dari pelaku perjalanan luar negeri.

"Saya juga meminta untuk tidak bepergian ke luar negeri jika tidak ada urusan yang penting dan mendesak," kata Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pentingnya Vaksinasi

Disisi lain, dia mengingatkan semua masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan dan segera melakukan vaksinasi Covid-19. Jokowi menekankan pentingnya vaksinasi di masa pandemi virus corona.

"Yang belum mendapatkan vaksin segeralah untuk di vaksin. Yang sudah mendapatkan vaksin (dosis) pertama, segera vaksin untuk yang kedua. Yang sudah dua kali vaksin, segera cari vaksin ketiga vaksin booster. Semuanya gratis," tutur Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    varian omicron

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi