Sukses

Banjir Jakarta Hari Ini Disebabkan Guyuran Hujan Deras Sejak Pagi

Banjir terjadi di sejumlah wilayah Jakarta pada hari ini, Selasa (18/1/2022). Banjir tersebut terjadi akibat hujan yang cukup deras mengguyur Ibu Kota.

Liputan6.com, Jakarta - Banjir terjadi di sejumlah wilayah Jakarta pada hari ini, Selasa (18/1/2022). Banjir tersebut terjadi akibat hujan yang cukup deras mengguyur Ibu Kota sejak pagi.

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Mohamad Insaf, mengatakan 10 RT di Ibu Kota tergenang akibat curah hujan yang tinggi pada Selasa pagi (18/1/2022).

"Informasi genangan saat ini ada 10 RT atau 0,033 persen dari 30.470 RT yang ada di DKI Jakarta," kata Insaf dalam keterangan tertulis.

Selain itu, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) mencatat beberapa wilayah di Jakarta Pusat dan Jakarta Barat yang teredam air akibat hujan mengguyur.

"Ruas jalan di Jakarta Pusat yang terendam antara lain Jalan Letjen Suprapto, Jalan Gunung Sahari, Jalan Kemayoran dan Jalan Kartini Raya," ujar Kasat Lantas Wilayah Jakarta Pusat Kompol Purwanta saat dihubungi, Selasa (18/1/2022).

Berikut melihat banjir Jakarta hari ini yang disebabkan hujan deras yang mengguyur dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Ada 10 RT di Jakarta Barat Tergenang Banjir

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Mohamad Insaf menyatakan, 10 RT di Ibu Kota tergenang akibat curah hujan yang tinggi pada Selasa pagi (18/1/2022).

"Informasi genangan saat ini ada 10 RT atau 0,033 persen dari 30.470 RT yang ada di DKI Jakarta," kata Insaf dalam keterangan tertulis.

Dia mengatakan, 10 RT tersebut tersebar di beberapa wilayah di Jakarta Barat. Ketinggiannya air banjir pun juga bervariatif.

Berikut daftar wilayah di Jakarta Barat yang tergenang:

Kelurahan Rawa Buaya

Ketinggian : 60 cm dengan jumlah 1 RT

Penyebab : Curah Hujan Tinggi

Kelurahan Kapuk

Ketinggian : 40 cm dengan jumlah 1 RT

Penyebab : Curah Hujan Tinggi

Kelurahan Cengkareng Timur

Ketinggian : 40 cm dengan jumlah 1 RT

Penyebab : Curah Hujan Tinggi

Kelurahan Pegadungan

Ketinggian : 60 cm dengan jumlah 2 RT

Penyebab : Curah Hujan Tinggi

Kelurahan Kamal

Ketinggian : 45 cm dengan jumlah 3 RT

Penyebab : Curah Hujan Tinggi

Kelurahan Semanan

Ketinggian : 60 cm dengan jumlah 1 RT

Penyebab : Curah Hujan Tinggi

Kelurahan Tegal Alur

Ketinggian : 50 cm dengan jumlah 1 RT

Penyebab : Curah Hujan Tinggi

Selain itu, kata Insaf sejumlah jalanan juga tergenang air. Salah satunya di ruas Jalan Bangun Nusa 2 Kelurahan Cengkareng Timur, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat.

"Ketinggian : 50 sampai dengan 60 cm. Kondisi genangan sedang ditangani oleh Pihak Kelurahan Setempat Bersama PPSU, Tim TRC BPBD, DSDA, Satpol PP, Tagana & Disgulkarmat," jelas dia.

 

3 dari 5 halaman

2. Banjir di Jalan Bungur Besar Depan PN Jakarta Pusat

Hujan yang mengguyur beberapa wilayah di Jakarta sejak Senin (18/1/2022) pagi tadi, membuat sebagian wilayah tergenang banjir. Salah satunya di Jalan Bungur Besar Raya, tepatnya di depan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus).

Berdasarkan pantauan di lapangan, sekitar pukul 14.20 WIB, genangan banjir setinggi sekitar 50 cm ini turut menutupi dua ruas di Jalan Bungur Besar Raya, baik yang ke arah Pasar Senen maupun menuju Kemayoran, Jakarta Pusat.

Akibatnya, arus lalu lintas di Jalan Bungur Besar Raya tersendat, karena kendaraan yang melintas harus menurunkan kecepatannya. Bahkan tidak sedikit kendaraan yang memaksa menerobos banjir, terutama sepeda motor, mogok.

Terlihat beberapa pengendara motor yang nekat menerobos genangan air harus mendorong motornya, akibat mesin kendaraan yang terendam banjir.

Beberapa warga sekitar nampak menawarkan jasa untuk membantu mendorongkan kendaraan yang mogok akibat menerobos genangan banjir.

Meski demikian, persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat tetap berjalan seperti biasa dan tidak ada gangguan berarti akibat banjir yang menggenangi ruas Jalan Bungur Besar Raya.

Ditemui di lokasi, Ramdani petugas keamanan atau sekuriti PN Jakarta Pusat menyampaikan, bahwa air sudah mulai naik hingga menggenangi jalan raya sejak pukul 11.00 WIB.

"Hujan dari pagi, kurang lebih sedengkul lutut dewasa lah ya ini ketinggiannya," kata Ramdani.

Ramdani menyampaikan, genangan air yang merendam Jalan Bungur Besar Raya ini dimulai dari persimpangan Arah Pancoran, hingga ruas jalan sebelum memasuki area Jalan Pasar Senen.

Sementara Ramdani mengatakan, surutnya air genangan itu tergantung dari intensitas hujan. Menurut dia, air biasanya surut setelah satu sampai dua jam sejak hujan berhenti.

"Kawasan ini kalau banjir tergantung intensitas hujannya. Lalu, surutnya biasanya cepat satu sampai dua jam lah sudah surut nanti," ujarnya.

 

4 dari 5 halaman

3. Sejumlah Jalan di Jakarta Pusat dan Jakarta Barat Terendam Banjir hingga 70 Cm

Satuan Lalu Lintas mencatat beberapa wilayah di Jakarta Pusat dan Jakarta Barat yang teredam air.

Kasat Lantas Wilayah Jakarta Pusat Kompol Purwanta menerangkan, ruas jalan di Jakarta Pusat yang terendam antara lain Jalan Letjen Suprapto, Jalan Gunung Sahari, Jalan Kemayoran dan Jalan Kartini Raya. Purwanta menyebut, ketinggian air berkisar 30 sentimeter sampai 70 centimeter.

"Itu ketiggian air 30 cm sampai 70 cm," kata Purwanta saat dihubungi, Selasa (18/1/2022).

Dia menjelaskan, personel telah dikerahkan ke titik genangan guna mengatur arus lalu lintas demi menghindari kepadatan.

Namun, dia menyebut sejauh ini situasi di titik-titik jalan yang tergenang masih bisa dilalui kendaraan.

"Karena yang kebanjiran itu rata-rata jalur lambat. Sementara jalur cepat masih bisa dipakai. Ini kami siagakan petugas. Saat ini arus lalin sudah mulai normal karena genangan mulai surut," tandas Purwanta soal banjir Jakarta.

Sementara itu, Kasat Lantas Wilayah Jakarta Barat Kompol Wayan menerangkan ruas jalan yang tergenang di wilayah Jakarta Barat secara umum sudah mulai surut.

"Sudah surut, tinggal sekitaran pintu air 10 sentimete sampai 20 sentimeter," uhar dia.

Wayan mengatakan, ruas jalan di sekitaran Cengkareng arah Bandara Soekarno Hatta terpantau ramai lancar. Meski tergenang, Wayan menyebut kendaraan masih bisa dilalui.

"Bisa dilintasi kendaraan roda dua dan roda 4 lalin masih meriah sudah diupayakan pengaturan-pengaturan," tandas dia.

5 dari 5 halaman

Cuaca Ekstrem, Jakarta Siaga Banjir Besar?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.