Sukses

Bamsoet Sebut Street Race Jakarta Bisa Menemukan Bibit Pembalap Indonesia

Bamsoet berharap kegiatan tersebut dapat menjadi pendorong penyenggaraan acara yang sama oleh Polda lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengapresiasi penyelenggaraan balapan motor jalanan atau street race yang diselenggarakan Polda Metro Jaya di Ancol, Jakarta Utara.

Dia berharap kegiatan tersebut dapat menjadi pendorong penyenggaraan acara yang sama oleh Polda lainnya.

"Barangkali ini disampaikan kepada Pak Karkorlantas agar menjadi role model bagi Polda-Polda di seluruh Indonesia, agar angka kecelakaan dan yang terpenting ini menemukan bibit-bibit pembalap dari seluruh Tanah Air kita," tutur Bamsoet di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1/2022).

Bamsoet menyebut, setidaknya di wilayah hukum Polda Metro Jaya ada 39 titik rawan balapan liar. Baik itu di Ancol hingga kota penyangga seperti Tangerang dan Bekasi.

"Kalau kita lihat sejarah Valentino Rossi dulu awalnya waktu remaja juga, dia ikut balap liar. Tapi kemudian diarahkan dan dia menemukan jalan prestasinya menjadi pembalap dunia. Jadi tugas kita ini, Polda Metro terutama Pak Kapolda menemukan bibit dari pada saudara-saudara bikers-bikers, para pembalap, kalau nanti kalian menemukan jiwa di sini teruskan, lanjutkan," kata Bamsoet.

Sementara, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menambahkan, pihaknya berharap acara street race tersebut dapat menjadi wadah para pembalap motor jalanan dalam menyalurkan bakatnya.

"Mulai hari ini, teman-teman semua joki, mekanik, pemilik bengkel, saya anggap sebagai adik asuh saya. Mario ini anak asuh, ekosistem balap Jakarta ini adalah adik asuh saya. Saya ingin bahwa Polri yang presisi itu dirasakan oleh anak-anak ini," ujar Firli. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bergerak Bersama

Fadil berterima kasih kepada semua pihak yang telah melancarkan acara balap motor jalanan yang diselenggarakan di Ancol, Jakarta Utara.

"Mari kita mulai hari ini kita bergerak bersama. Saya kira mungkin ini menjadi energi besar yang bisa kita terus gelorakan," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.