Akan Soft Launching Februari 2021, Pembangunan JIS Capai 93,85 Persen

Oleh Ika Defianti pada 16 Jan 2022, 10:59 WIB
Diperbarui 16 Jan 2022, 10:59 WIB
Foto Liga1: Akhir Desember Persija Jakarta Bisa Jajal Jakarta International Stadium
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau proses pemasangan rangka atap dari Jakarta International Stadium (JIS). Nantinya JIS bisa dimanfaatkan sebagai tempat berbagai perhelatan (multi-purpose venue), seperti eksibisi dan konser musik. (Foto: Dok Humas Pemprov DKI Jakarta)

Liputan6.com, Jakarta Manajer Proyek Jakarta International Stadium (JIS) Arry Wibowo mengatakan, proyek pembangunan stadion sudah hampir selesai, atau mencapai 93,85 persen.

Adapun, rencananya soft launching JIS akan dilakukan pada Februari 2022.

"Sudah masuk pekan ke-123 pelaksanaan konstruksi. Kita telah mencapai progres kumulatif sebesar 93,85 persen, jadi sudah hampir selesai," kata Arry saat dihubungi, Minggu (16/1/2022).

Saat ini, kata dia, pihaknya masih menyelesaikan beberapa pekerjaan khususnya di area stadium utama. Lalu pengerjaan pemasangan atap membran ETFE atau atap transparan.

Arry juga menyebutkan saat ini juga masih ada penyelesaian rangka fasad hingga proyek di tengah area stadium tepatnya area permainan.

"Area tribun, hingga saat ini kita sudah terpasang 30.000-an kursi tribun regular baik itu tier (deretan) 1, tier 2, tier 3 itu kita sebar. Nanti harapannya di bulan Februari, instalasi kursi penonton ini sudah selesai 100 persen," jelas dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Filosofi Ikat Kepala Khas Betawi

Sebelumnya, Arry mengatakan pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara, desain bangunan utamanya dari filosofi ikat kepala khas Betawi, sedangkan desain bagian depannya memiliki lubang-lubang kecil dari filosofi ornamen Betawi yakni gigi balang.

"Ikat kepala khas Betawi itu bentuknya kain melingkar dan unik. Kami transformasikan dalam desain bangunan utama stadion, berupa kubah, seperti mangkok yang tidak terputus dan bentuk dasar lingkaran," kata dia dalam siaran langsung pada akun Instagramnya, Jakarta, Minggu malam 12 September 2021.

Menurut Arry, sedangkan bagian depan bangunan yang ada lubang-lubang kecil diinspirasi dari ornamen Betawi gigi balang.

"Kalau sering melihat ornamen Betawi gigi balang. Itu kami ambil untuk bagian dari perforasi fasad," kata dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya