Top 3 News: Deretan Pernyataan BMKG Usai Gempa 6,6 M Guncang Banten

Oleh Devira PrastiwiDelvira Hutabarat pada 16 Jan 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 16 Jan 2022, 08:00 WIB
Tim Mitigasi UGM
Perbesar
Rektor UGM Dwikorita Karnawati menggelar konferensi pers mengenai penelitian Tim Mitigasi Bencana Longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. (Liputan6.com/Yanuar H)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati yang menyampaikan sejumlah pernyataan usai gempa bermagnitudo 6,6 pada Jumat 14 Januari 2022 di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Salah satu yang disampaikan Dwikorita, lindu yang terjadi di Kabupaten Pandeglang, Banten merupakan gempa bumi dangkal.

Selain itu, Dwikorita juga memutakhirkan kekuatan gempa yang berpusat di Sumur, Banten menjadi magnitudo 6,6, sebelumnya dikabarkan 6,7.

Kemudian, kasus artis tersandung kasus dugaan penyalahgunaan narkoba kembali mencuat. Kali ini, komika berinisial FF alias Fico Fachriza.

Fico Fachriza pun ditetapkan sebagai tersangka atas kasus penyalahgunaan narkoba jenis tembakau sintetis usai menjalankan pemeriksaan.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait kritik untuk Pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang membangun Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan Jenderal Sudirman atau dikenal sebagai JPO Karet.

Kritik tersebut adalah lantaran JPO bertema Kapal Pinisi tersebut sengaja dibangun tanpa atap. JPO pun disebut tidak ramah pejalan kaki.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan angkat bicara. Menurut Anies, atap JPO dicopot dan menjadikan JPO ruang ketiga. Ruang ketiga yang dimakasud adalah ruang interaksi dan ruang mendapat pengalaman baru.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Sabtu 15 Januari 2022:


1. Enam Pernyataan BMKG Usai Gempa Magnitudo 6,6 Guncang Banten

20160626-Rektor UGM
Perbesar
Rektor UGM Dwikorita Karnawati

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyampaikan sejumlah pernyataan usai gempa bermagnitudo 6,6 pada Jumat 14 Januari 2022 di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Menurut Dwikorita, lindu yang terjadi di Kabupaten Pandeglang, Banten merupakan gempa bumi dangkal.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault," ujar Dwikorita dalam konfererensi pers, Jumat 14 Januari 2022.

 

Selengkapnya...


2. Tujuh Fakta Komika Fico Fachriza Ditangkap Terkait Kasus Narkoba

FOTO: Tangis Komika Fico Fachriza Saat Rilis Kasus Narkoba
Perbesar
Tersangka komika Fico Fachriza saat dihadirkan dalam rilis kasus penyalahgunaan narkoba di Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (14/1/2022). Dalam penangkapan, polisi berhasil mengamankan barang bukti tembakau sistetis sebarat 1,45 gram. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Lagi, artis tersandung kasus dugaan penyalahgunaan narkoba. Kali ini, artis berinisial FF alias Fico Fachriza yang dikenal sebagai stand up comedian atau komika.

"Iya (Fico Fachriza)," kata Wakil Dirrektur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Dony Alexander saat dikonfirmasi wartawan, Jumat 14 Januari 2022.

Usai menjalani pemeriksaan, Fico Fachriza ditetapkan sebagai tersangka atas kasus penyalahgunaan narkoba jenis tembakau sintetis.

"Penyidik sudah tetapkan tersangka penyalahgunaan narkoba jenis tembakau sintetis atas nama Fico Fahriza atau FF," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan.

 

Selengkapnya...


3. Dikritik karena Bangun JPO Sudirman Tanpa Atap, Ini Respons Anies

Pembangunan JPO Berintegrasi Jalur Sepeda
Perbesar
Pekerja menyelesaikan pengerjaan jembatan penyeberangan orang (JPO) dan jembatan penyeberangan sepeda di Karet Sudirman, Jakarta, Jumat (8/10/2021). JPO yang akan dilengkapi jalur sepeda dan terintegrasi dengan halte Transjakarta itu akan rampung pada November 2021. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pemprov DKI Jakarta membangun Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan Jenderal Sudirman, yang dikenal sebagai JPO Karet. JPO itu bertema Kapal Pinisi dan sengaja dibangun tanpa atap. Hal tersebut menuai kritikan lantaran disebut tidak ramah pejalan kaki.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjawab alasannya mencopot atap JPO.

 "JPO itu membuat orang ingin cepat-cepat turun, kenapa? Karena tidak memberikan pengalaman baru," kata Anies lewat video di akun YouTube Anies Baswedan, Sabtu 15 Januari 2022.

 

Selengkapnya...


Deretan Gempa Terbesar di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir

INFOGRAFIS: Deretan Gempa Terbesar di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
INFOGRAFIS: Deretan Gempa Terbesar di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya