Temui Pengungsi Semeru, Ma'ruf Pastikan Huntara Dilanjut Pembangunan Hunian Tetap

Oleh Delvira Hutabarat pada 14 Jan 2022, 14:05 WIB
Diperbarui 14 Jan 2022, 14:22 WIB
Wapres Ma'ruf Amin berdialog dengan korban erupsi Gunung Semeru.
Perbesar
Wapres Ma'ruf Amin berdialog dengan korban erupsi Gunung Semeru. (Foto: Setwapres)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berdialog dengan korban erupsi Gunung Semeru di lokasi pembangunan Hunian Sementara (Huntara) Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jumat (14/01/2021).

Salah satu pengungsi bernama Slamet Haryadi menyampaikan harapan dan mengucapkan terima kasih atas kehadiran Ma'ruf Amin.

"Di sini saya dari perwakilan para pengungsi berterima kasih banyak kepada Bapak Kades yang sedia menampung kami dan kami berterima kasih juga kepada Bapak Wapres dan pemerintah yang sudah sedia menampung kami. Harapan kami sebagai pengungsi ini cepat (selesai)," ucap dia,

Ma'ruf pun meyakinkan warga bahwa Huntara akan dilanjutkan dengan Hunian Tetap (Huntap).

"Insyaallah, apa yang diharapkan segera (direalisasikan) dan sudah disiapkan. Ini sudah disiapkan secara matang, dan Insyallah seperti tadi dikatakan Pak Bupati sudah mulai dalam waktu yang singkat, bisa (selesai)," tegas dia.

Meskipun saat ini yang sedang dibangun Huntara, Wapres memastikan bahwa kemudian akan dilanjutkan dengan pembangunan Huntap di lokasi yang sama.

"Jadi nanti dapat dua tempat ya, (hunian) sementara dapat, tambah yang (hunian) tetapnya. Jadi malah dapat dua tempat," ungkap Ma'ruf.

 


Minta Warga Tetap Tenang

Ma'ruf menambahkan, Huntara yang akan dibangun cukup baik dan layak huni, bahkan nanti Huntapnya juga akan lebih baik.

"Nanti kalau ini buat Huntap, yang Huntaranya buat apa? Ya buat apa saja ya Pak Bupati. (Bisa) buat dapur, jemuran, mau diperluas kamarnya bisa," ujar dia.

Untuk itu, Wapres mengimbau agar para pengungsi tetap tenang dan bekerja seperti biasa meskipun di tempat sementara.

"Sekarang Bapak Ibu tenang, yang bekerja ya bekerja di tempat sementara. Insyaallah pengungsian sementara (nanti) dapat Huntara, disambung Huntap," kata dia.

"Insyaallah sedikit bersabar, tidak lama lagi. Lebaran sudah ada di sini. Lebaran sudah menempati tempat (ini)," imbuh Ma'ruf.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya