Sukses

Mahfud Md Sebut Akan Ada Pesta Demokrasi: Perlu Dipersiapkan yang Baik

Mahfud Md mengatakan, tahun 2022 akan membutuhkan perhatian serius terutama untuk kancah perpolitikan, lantaran akan ada Pemilu 2024 dan Pilkada yang digelar serentak.

Liputan6.com, Jakarta Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan, tahun 2022 akan membutuhkan perhatian serius terutama untuk kancah perpolitikan, lantaran akan ada Pemilu 2024 dan Pilkada yang digelar serentak.

Karena itu, sejak dari tahun 2022 ini maka perlu dipersiapkan secara serius dan dengan baik terkait Pemilu 2024 dan Pilkada ini.

Hal tersebut disampaikan Mahfud Md aat melantik Sekretaris Kemenko Polhukam RI, Mayjen TNI Mulyo Aji di Ruang Parikesit, Kantor Kemenko Polhukam, Rabu (12/1/2022).

"Akan kita hadapi dan perlu mendapatkan perhatian adalah pesta Demokrasi. Pelaksanaan Pilkada dan Pemilu (Pilpres dan Pileg) serentak pada tahun 2024. Sesuai yang diamanatkan dalam UU Nomor 10 tahun 2016 perlu dipersiapkan yang baik dan berkoordinasi dengan Kementerian/Lembaga terkait," kata dia.

Mahfud menambahkan, kementeriannya harus cepat tanggap, siaga dan terus menerus meningkatkan kewaspadaaan dalam mengawal stabilitas di bidang politik, hukum dan keamanan.

"Utamanya melalui pelaksanaan tugas dan fungsi koordinasi, sinkronisasi dan pengendalian penyusunan dan pelaksanaan kebijakan," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masih Pandemi

Mahfud melanjutkan, tantangan lain selain pesta demokrasi adalah dinamika situasi nasional yang masih berkecamuk dengan persoalan pandemi Covid-19.

Dia meyakini, jika tahun ini wabah tersebut bisa makin terkendali, maka pemulihan ekonomi bisa lebih baik lagi.

"Tahun lalu, bangsa Indonesia telah berhasil menghadapi dan melalui segala ketidakpastian seperti pandemi, selama tahun 2021, bersama seluruh elemen bangsa, kita telah berhasil menekan kenaikan penularan Covid-19. Upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi mulai menunjukan hasil, ekonomi kembali bergeliat," kata Mahfud.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Politikus, ilmuwan, tokoh agama. Guru Besar Tata Negara UII, mantan anggota DPR, mantan Ketua Konstitusi,
    Politikus, ilmuwan, tokoh agama. Guru Besar Tata Negara UII, mantan anggota DPR, mantan Ketua Konstitusi,

    Mahfud MD

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024