Sukses

Jokowi Lantik 3 Duta Besar, Gubernur Lemhanas Agus Widjojo Jadi Dubes Filipina

Presiden Jokowi melantik tiga Dubes LBBP di Istana Negara. Mereka adalah Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, Sunarko, dan Fientje Maritje Suebu.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik tiga Duta Besar (Dubes) Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia di Istana Negara Jakarta, Senin (12/1/2022). Nantinya, para dubes tersebut akan ditempatkan di negara-negara sahabat.

Berdasarkan siaran di Youtube Sekretariat Presiden, proses pelantikan dimulai pukul 09.57 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan dan menjaga jarak aman. Pelantikan tiga dubes ini sesuai Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 4/P tahun 2022 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh RI.

Jokowi kemudian memandu pengucapan sumpah jabatan yang diikuti oleh para duta besar. Sebelum dilantik Jokowi, para dubes telah mengikuti uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di DPR RI pada Juli 2021.

Total ada 33 dubes yang mengikuti uji kelayakan dan kepatutan. Sebanyak 17 dubes telah dilantik oleh Jokowi pada Oktober 2021 dan sudah berangkat ke negara penugasan masing-masing.

Adapun salah satu dubes yang dilantik Jokowi pada Rabu hari ini yakni, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo. Dia merupakan seorang purnawirawan perwira tinggi TNI Angkatan Darat yang menjabat sebagai Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas).

Agus diangkat Jokowi menjadi Duta Besar RI untuk Filipina merangkap Republik Kepulauan Marshall dan Republik Palau. Dia akan berkedudukan di Manila.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Dubes yang Dilantik Jokowi

Berikut nama-nama 3 Duta Besar RI untuk negara-negara sahabat yang dilantik Jokowi:

1. Sunarko, Dubes LBBP RI Republik Sudan, berkedudukan di Khartoum

2. Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, Dubes LBBP RI untuk Republik Filipina merangkap Republik Kepulauan Marshall dan Republik Palau, berkedudukan di Manila

3. Fientje Maritje Suebu, Dubes LBPP RI untuk Selandia Baru merangkap Samoa, Kerajaan Tonga, Kep. Cook dan Niue, berkedudukan di Wellington

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.