Sukses

Warga Tangerang Selatan Terpapar Covid-19 Varian Omicron dari Transmisi Lokal

Kepala Dinkes Kota Tangsel Allin Hendalin Mahdaniar menerangkan, tiga pasien terpapar varian Omicron ini adalah keluarga yang tak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Empat warga di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron. Tiga di antaranya terpapar dari transmisi lokal.

Kepala Dinkes Kota Tangsel Allin Hendalin Mahdaniar menerangkan, tiga pasien terpapar varian Omicron ini adalah keluarga yang tak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri.

"Dua di antaranya merupakan suami istri yang tidak ada riwayat perjalanan luar negeri. Pasien tersebut awalnya kontak erat dari salah satu rekan kerjanya yang positif Covid-19," tuturnya, Rabu (12/1/2022).

Mereka dinyatakan positif Covid-19 varian Omicron usai menjalani pemeriksaan Swab PCR. Kemudian, satu kasus lainnya dialami oleh seorang pria paruh baya berusia 60 tahun. Sebelum dinyatakan positif, pasien sempat mengeluh meriang.

"Tidak ada riwayat perjalanan luar negeri. Pasien dites RDT Antigen dan hasilnya positif. Kemudian pada tanggal 4 Januari 2022, pasien menjalani swab di RS Pelni Jakarta Pusat," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1 Warga Terpapar Usai dari Pergi ke Luar Negeri

Seorang lagi dialami pasien perempuan berusia 34 tahun melakukan perjalanan ke Amerika Serikat sejak 3-20 Desember 2021.

"Dia langsung pulang dan transit ke Dubai tanggal 21 Desember, dan tiba di Indonesia tanggal 22 Desember 2021 di Bandara Soekarno Hatta," papar Allin.

Sesampainya di Indonesia, pasien tersebut langsung melakukan uji Swab PCR. Namun, pada saat itu hasil pemeriksaan masih menunjukkan bahwa dirinya negatif. Kendati demikian, pasien tersebut tetap mengikuti aturan yang berlaku untuk menjalani karantina di Hotel Thamrin, DKI Jakarta, selama 10 hari.

Lalu, pada hari ke-9, hasil Swab PCR menyatakan yang bersangkutan positif. Sebelum dinyatakan positif, pasien tersebut juga sempat mengeluhkan meriang.

Karena pihak hotel tidak menerima karantina yang positif, maka pasien dirujuk ke Rumah Sakit Ciputra Garden, dekat Bandara Soekarno Hatta.

"Hingga saat ini yang pasien tersebut masih menjalani perawatan di rumah sakit itu," katanya. 

3 dari 3 halaman

5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.