Sukses

Kapolri Berharap Ada Percepatan Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia dan Anak-Anak

Listyo Sigit Prabowo meninjau kegiatan percepatan akselerasi vaksinasi Covid-19 serentak seluruh Indonesia dengan hadir di Gedung Graha Wangsa, Lampung.

Liputan6.com, Jakarta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau kegiatan percepatan akselerasi vaksinasi Covid-19 serentak seluruh Indonesia dengan hadir di Gedung Graha Wangsa, Lampung.

Dia meminta seluruh jajaran Polri untuk bersinergi seluruh stakeholder terkait demi mengejar target vaksinasi nasional yang menjadi program Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Ini secara nasional dilaksanakan vaksinasi serentak dengan target sasaran 1 juta lebih. Harapan kita, bisa terus mengejar pencapaian vaksinasi. Sehingga wilayah yang masih kurang atau di bawah 70 persen untuk segera mengejar ketertinggalannya," kata Listyo usai kegiatan tersebut, Selasa (11/1/2022).

Dia menekankan kepada wilayah yang sudah mencapai atau melebihi target 70 persen untuk segera melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 terhadap masyarakat lanjut usia atau lansia dan anak-anak.

"Yang sudah di atas 70, dan lansia juga sudah 60 persen, bisa segera mengejar target untuk anak-anak khususnya umur 6 sampai dengan 11 tahun, itu bisa segera dilakukan percepatan. Kita berikan target beberapa wilayah untuk bisa menyelesaikan ini dalam waktu dua minggu untuk bisa mencapai 100 persen," kata Listyo.

Dia pun menegaskan bahwa percepatan vaksinasi Covid-19 terhadap lansia dan anak-anak menjadi sangat penting. Mengingat telah dimulainya kebijakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen di sekolah.

"Ini menjadi penting karena PTM sudah mulai dibuka. Sehingga mau tidak mau ada potensi terjadinya kontak erat, potensi terjadinya carrier dan munculkan klaster baru apabila kita tidak antisipasi. Oleh karena itu jalan satu-satunya bagaimana lakukan akselerasi vaksinasi," kata Listyo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunci Antipasi Omicorn

Listyo mengatakan, percepatan vaksinasi juga menjadi kunci untuk mengantisipasi dan meminimalisir risiko dari Covid-19 omicron. Sejauh ini, varian tersebut dapat menular ke masyarakat yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis penuh.

"Kita jaga masyarakat yang rentan, usia lansia dan yang memiliki komorbid yang belum sempat divaksin. Dan ini tentunya akan berdampak. Yang kurang baik apabila ini sampai terjangkit. Karena itu dalam kesempatan ini saya imbau untuk masyarakat, yang belum vaksin segera datangi gerai yang ada, segera hubungi titik-titik vaksinasi yang sudah disiapkan baik oleh Pemda, Kapolda dengan bekerjasama dengan TNI, seluruh relawan, BINDA, BKKBN, supaya kita yakin keluarga kita betul-betul sudah divaksin," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.