Sukses

Komisi IX DPR: Pemda Punya Pengaruh Besar Penuhi Target Vaksinasi Covid-19

Menurut Nurhadi, pemerintah perlu terus melakukan upaya agar kesadaran masyarakat terhadap vaksinasi tinggi, kesadaran protokol kesehatan dan hidup bersih juga berjalan

Liputan6.com, Jakarta Anggota Komisi IX DPR Nurhadi meminta pemerintah daerah (pemda) fokus meningkatkan capaian vaksinasi Covid-19. Terlebih, peran pemda dinilai sangat besar dalam kesuksesan vaksinasi Covid-19.

"Tentu kunci ini semua ada di daerah dengan dikomandani Kemenkes, Satgas Covid-19 itu sendiri. Mobilitas masyarakat kita cukup tinggi, jadi daerah harus benar-benar fokus agar ketercapaian vaksinasinya juga maksimal," kata Nurhadi kepada wartawan, Minggu (9/1/2022).

Menurut Nurhadi, pemerintah perlu terus melakukan upaya agar kesadaran masyarakat terhadap vaksinasi tinggi, kesadaran protokol kesehatan dan hidup bersih juga berjalan. Dia menilai koordinasi dan konsolidasi antara pusat dan daerah harus dipastikan berjalan baik.

"Momentum kenaikan Covid-19 saat ini harus menjadi perhatian bersama kita dan jangan sampai ada lagi korban-korban akibat Covid-19 ini," tuturnya.

Dia juga menilai pentingnya memiliki strategi mengenai akselerasi vaksinasi di setiap daerah. Sedangkan mengenai Indonesia yang berhasil masuk dalam jajaran 5 besar negara dengan jumlah vaksinasi terbanyak di dunia, menurut dia, merupakan kabar baik dan harus diapresiasi.

"Meskipun kita harus terus melakukan vaksinasi sampai 100%, karenya kita terus mendorong pemerintah untuk terus fokus terkait vaksinasi ini," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peran Pemda dalam Program Vaksinasi

Sementara itu, Ahli Epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Iwan Ariawan juga menilai masuknya Indonesia ke dalam daftar 5 besar negara dengan jumlah vaksinasi terbanyak di dunia merupakan sebuah prestasi yang sangat baik dan bermanfaat untuk mencegah lonjakan kasus, hospitalisasi, dan kematian akibat Covid-19.

"Peran pemda sangat besar dalam kesuksesan program vaksinasi. Masyarakat umumnya lebih mendengarkan pendapat dari pemda dan tokoh agama atau tokoh masyarakat setempat terkait informasi vaksinasi," kata Iwan.

Iwan menambahkan, di tengah ancaman varian Omicron, peran vaksinasi semakin penting. "Karena vaksinasi sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya kasus Covid-19 berat dan kematian," imbuhnya.

Dia juga menilai perlu ditelaah kabupaten atau kota yang cakupan vaksinasinya masih rendah tetapi stok vaksin masih banyak.

"Perlu diketahui masalahnya dan diselesaikan bersama, pemerintah pusat dan daerah," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.