Sukses

Penyuntikan Vaksin Booster di Bogor Tunggu Petunjuk Pemerintah Pusat

Pemerintah Kota Bogor belum bisa memastikan kapan penyuntikan vaksin Covid-19 dosis ketiga atau boster.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Bogor belum bisa memastikan kapan penyuntikan vaksin Covid-19 dosis ketiga atau boster.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim, mengatakan, penyuntikan vaksin ketiga direncanakan akan diselenggarakan mulai 12 Januari 2022. Namun, Pemkot Bogor masih menunggu pemerintah pusat terkait petunjuk teknis dan jadwal pelaksanaan penyuntikan.

"Apalagi kan tidak semua vaksin booster ini gratis. Jadi kami masih tunggu tanggal pelaksanaan dan pembiayaannya," kata Dedie di Bogor, Jumat (7/1/2022).

Namun begitu, sesuai arahan Presiden Joko Widodo bahwa program vaksin booster Covid-19 akan dilaksanakan pada 12 Januari 2022 nanti.

Dedie berharap, vaksin booster ini tidak hanya diberikan salah satunya kepada golongan lanjut usia (lansia) saja, tapi juga kepada satuan pendidikan seperti guru dan tenaga pendidik.

Hal tersebut berkaitan dengan arahan pemerintah untuk membuka Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen, di tengah penerapan PPKM Level 2.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Capaian Vaksinasi Sudah Sesuai Target

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Sri Nowo Retno, mengatakan salah satu syarat pelaksanaan vaksin booster Covid-19 yakni capaian vaksinasi dosis pertama minimal 70 persen dan dosis kedua minimal 60 persen.

"Dan Kota Bogor untuk capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama sudah 100,88 persen dan dosis kedua sudah 78,14 persen," ujar Retno.

Karena itu, Kota Bogor sudah bisa melakukan vaksinasi dosis ketiga. "Tapi kami masih menunggu juklak-juknis dari pemerintah pusat," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.