Sukses

Satgas Covid-19: 86,6 Persen Penduduk Indonesia Punya Antibodi Corona

Wiku menuturkan, 73,2 persen populasi dari daerah yang disurvei memiliki antibodi corona, padahal mereka belum pernah terdeteksi positif Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengungkap hasil sero survei antibodi virus corona SARS-CoV-2 di Indonesia. Survei ini dilakukan di 100 kabupaten dan kota pada sebagian wilayah aglomerasi maupun non-aglomerasi.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan survei dilakukan sepanjang November sampai Desember 2021.

"Menunjukkan mayoritas penduduk di Indonesia 86,6 persen populasi yang daerahnya disurvei telah memiliki antibodi SARS-CoV-2," ungkapnya dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (4/1/2022).

Populasi yang memiliki antibodi Covid-19 ini karena telah terinfeksi virus corona maupun mendapatkan suntikan vaksin. Wiku melanjutkan, 73,2 persen populasi dari daerah yang disurvei ternyata memiliki antibodi.

"Padahal (mereka) belum pernah terdeteksi positif maupun tervaksinasi Covid-19," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gambarkan Cakupan Kekebalan Komunal

Sebelumnya, Wiku mengatakan pemerintah melakukan sero survei antibodi di 1.000 desa dan wilayah aglomerasi di Indonesia. Survei ini dilakukan Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, dan peneliti perguruan tinggi.

Menurut Wiku, hasil sero survei antibodi ini akan menggambarkan cakupan kekebalan komunitas di Indonesia. Selain itu, sero survei antibodi menjadi dasar pengambilan kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.

 

Reporter: Titin Supriatin/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.