Sukses

BNPB: Rangkaian Bencana dan Pandemi Covid-19 di 2021 Beri Banyak Pelajaran Kesiapsiagaan

Selama 2021 Indonesia dihantam berbagai bencana mulai dari pandemi Covid-19 bencana nonalam, bencana hidrometeorologi, erupis gunung berapi sampai gempa bumi.

Liputan6.com, Jakarta - Selama 2021 Indonesia dihantam berbagai bencana mulai dari pandemi Covid-19 bencana nonalam, bencana hidrometeorologi, erupis gunung berapi sampai gempa bumi.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto menyampaikan bahwa serangkaian bencana alam dan pandemi Covid-19 sepanjang 2021 memberikan pembelajaran bagi bangsa Indonesia untuk lebih meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana kedepannya. 

"Upaya optimal pada fase prabencana merupakan kunci utama dalam mengurangi risiko bencana," katanya dalam konferensi pers daring, Jumat (31/12/2021).

Suharyanto mengatakan, terdapat sejumlah prioritas untuk memitigasi bencana alam di masa yang akan datang. Pertama, perencanaan tata ruang dan pengembangan kawasan yang berbasis mitigasi bencana. Kedua, penguatan bangunan agar tahan gempa.

"Restorasi lingkungan dan ekosistem. Ketiga, penguatan literasi dan pemahaman akan potensi bahaya dan risiko dan sistem peringatan dini bencana," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ancaman Bencana Nonalam

Suharyanto menerangkan, bencana nonalam merupakan ancaman kedua yang patut diwaspadai oleh bangsa Indonesia. Misalnya saja yang saat ini masih melanda, yakni pandemi Covid-19.

Suharyanto menuturkan, sampai saat ini pukulan pandemi belum ada tanda-tanda sirna. Bahkan penularan virus ini secara global berada di titik tertinggi di saat kasus di Tanah Air terkendali.

"Saya berharap kerja sama lintas pemangku kepentingan yang sudah terjalin baik selama ini bisa terus kita tingkatkan," tandasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.