Sukses

PSI: Indonesia Darurat Sekolah Rusak

PSI menyoroti jutaan sekolah rusak di Indonesia. PSI menyebut, tiga sekolah roboh di Lebak pada penghujung 2021 sebagai fenomena gunung es yang terjadi di Banten.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyoroti tiga sekolah roboh di bumi Multatuli, Lebak, Banten yang terjadi pada penghujung 2021.

Juru bicara DPP PSI, Furqan AMC menyatakan, robohnya sejumlah sekolah ini mengungkap fenomena gunung es di Kabupaten Lebak, Banten.

Kendati begitu, PSI menyatakan, bahwa fenomena gunung es ini tidak hanya terjadi di Lebak, Banten. Berdasarkan data Kemendikbud tahun 2020, terdapat 1.222.064 ruang kelas di Tanah Air yang rusak.

“Sungguh Indonesia darurat sekolah rusak” kata Furqan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (30/12/2021).

Menurut Furqan, saat ini publik belum bisa memvalidasi apakah sekolah-sekolah yang rusak tersebut sudah diperbaiki atau belum. Ia melihat anggaran DAK Fisik yang dialokasikan Kemendikbud tahun 2021 untuk rehabilitasi hanya meng-cover 31.695 sekolah.

“Apakah realisasinya di lapangan sudah tepat sasaran dan utuh (tidak menguap), juga perlu diselidiki lebih lanjut,” kata dia.

Sementara hasil evaluasi komisi X DPR-RI, lanjut Furqan, pemerintahan kabupaten/kota hanya mengalokasikan 8 hingga 9 persen APBD-nya untuk fungsi pendidikan, jauh dari yang diamanatkan undang-undang.

“Postur anggaran pendidikan secara keseluruhan, baik APBN maupun APBD menggambarkan sepenuhnya political will pemerintah untuk mengatasi persoalan darurat sekolah rusak ini” jelas Furqan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Butuh 1.000 Multatuli

Furqan lantas menyinggung Multatuli, nama pena dari Eduard Douwes Dekker, yang mengabarkan pedihnya derita rakyat Lebak diisap oleh kolonialisme Belanda dalam buku Max Havelar:

“Kini setelah 76 tahun Indonesia merdeka, sepertinya kita masih butuh 1.000 Multatuli lagi untuk mengabarkan realitas masyarakat khususnya persoalan pendidikan ini,” pungkas dia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.