Sukses

Guru Besar UPI: Digitalisasi Pendidikan Jokowi Tingkatkan Kompetensi Guru

Saat ini transformasi teknologi menjadi sesuatu yang tidak bisa dihindari lagi. Termasuk dalam ruang lingkup dunia Pendidikan di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Prof Deni Darmawan menyampaikan program digitalisasi pendidikan era Pemerintahan Joko Widodo atau Jokowi terbukti mampu meningkatkan kompetensi guru. Terutama, lanjut dia, dalam tingkatan perguruan tinggi di Indonesia.

Digitalisasi mengharuskan semua pengajar dan siswa di seluruh tingkatan harus menyesuaikan diri. Menurut dia, sejauh ini program pemerintah di bidang digitalisasi Pendidikan telah menuai hasil yang baik.

“Kalau dalam pengukuran saya sebagai inovator kampus, kebijakan transformasi digital ke pendidikan bisa dibilang sukses. Misalnya saja sekarang ada yang guru enggak terbiasa dengan online menjadi bisa bahkan mahir menyampaikan materi di depan kamera,” kata Deni dalam keterangan tertulisnya, Rabu (29/12/2021).

Lebih lanjut ia mengatakan, saat ini transformasi teknologi menjadi sesuatu yang tidak bisa dihindari lagi. Termasuk dalam ruang lingkup dunia Pendidikan di Tanah Air.

Menurut Deni, sudah menjadi tuntutan dari adanya kemajuan zaman. Sehingga dirinya begitu setuju dengan program digitalisasi sekolah yang selama ini gencar digaungkan pemerintah.

“Kalau diukur itu (transformasi pendidikan digital) berhasil yah berhasil. Tapi pakai radius ruang lingkup kampus,” ujarnya.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saling Sinergi

Oleh karena itu, Deni begitu berharap ke depan semua pihak terkait dapat saling bersinergi membangun digitalisasi kampus. Di samping pemerintah tetap fokus memeratakan transformasi digital ke seluruh wilayah Indonesia.

“Semua ini harus bersatu, disupport oleh infrastruktur tentunya anggaran dari pemerintah. Sehingga kita (kampus) terpanggil melakukan sesuatu yang konkret,” pungkas Deni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Upi

  • guru