Sukses

Sirkuit Formula E di Ancol Ditargetkan Selesai April 2022

Managing Director Formula E Gunung Kartiko mengatakan, tender untuk kontraktor pembangunan sirkuit atau lintasan untuk penyelenggaraan balap mobil listrik dimulai Januari 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Managing Director Formula E Gunung Kartiko mengatakan, tender untuk kontraktor pembangunan sirkuit atau lintasan untuk penyelenggaraan balap mobil listrik dimulai Januari 2022.

Nantinya, menurut Gunung, pembangunan sirkuit Formula E tersebut ditargetkan selesai April 2022.

"Jadi yang tadi saya bilang, 3 bulan itu adalah dari sejak kita penunjukan kontraktor sampai ini selesai itu ditargetkan 3 bulan. Kontraktor itu akan kita tenderkan mulai Januari besok," ujar Gunung saat di Kawasan Ancol, Jakarta Utara, Rabu (29/12/2021).

Dia menjelaskan, untuk pengaspalan sirkuit menggunakan standar khusus yang telah ditentukan oleh pihak FEO (Formula E Operations) dan FIA (Fédération Internationale de l'Automobile), yakni mulai dari ketebalan aspal, kemiringan aspal, hingga tipe batu yang digunakan.

Nantinya, lanjut Gunung, sebelum pemasangan aspal pun perwakilan FIA akan datang untuk melakukan pengecekan. Kemudian selesai pembangunan, menurut dia, FIA akan kembali datang untuk melakukan homoglasi.

"Prosesnya begini, setelah itu selesai maka FIA itu akan datang untuk homologasi, sebelum homologasi dia akan datang lagi nanti bulan Januari atau Februari, pas lagi konstruksi dia akan datang lagi," ucap Gunung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penggunaan Dana Formula E

Sebelumnya, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali menyatakan lahan lokasi lintasan Formula E disewakan kepada PT Jakarta Propertindo atau Jakpro sebagai penyelenggara balap mobil listrik.

"Ancol komit tidak keluarkan dana untuk Formula E. Kedua dana untuk Formula E dilakukan oleh Jakpro, kalau lahan dan sistemnya B2B (business to business), Jakpro hanya menyewa ke kita," kata Sahir di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa 28 Desember 2021.

Selain lahan, nantinya Jakpro juga akan melakukan mekanisme bagi hasil mengenai tiket penyelenggaraan ataupun hasil bisnis lainnya.

Sementara itu, Sahir menyatakan pinjaman anggaran dari Bank DKI akan digunakan untuk revitalisasi sejumlah lokasi seperti halnya di Ancol timur. Dia menegaskan lokasi yang direvitalisasi berbeda dengan lokasi sirkuit Formula E ada di Pantai Karnaval.

"Jadi sebelah dari kuburan Belanda ngitari ABC mal di sekitar itu untuk track Formula E. Pantai karnaval bukan Ancol timur," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Jakarta Siap Gelar Formula E 2020?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.