Sukses

Benda Mirip Tank Ditemukan di Perairan Natuna, Ini Kata TNI

Sebuah benda mirip kendaraan tempur tank ditemukan di Perairan Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (28/12/2021).

Liputan6.com, Jakarta Sebuah benda mirip kendaraan tempur tank ditemukan di Perairan Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (28/12/2021). Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang lah yang menemukan benda berwarna oranye tersebut.

Hal itu diungkap akun Instagram resmi TNI Angkatan Laut (AL) @tni_angkatan_laut. Benda tersebut kemudian ditarik menggunakan pompong kayu nelayan menuju Posmat Kijang, 

"Sampai dengan saat ini masih dilaksanakan investigasi dari TNI AL dalam hal ini tim Pushidrosal, Dissenlekal dan Dislitbangal," tulis akun tersebut.

Benda tersebut berbentuk mirip seperti tank tempur. Warna dasar tank putih dan diselimuti korosi karat di sekelilingnya.

Dalam video yang diunggah akun yang sama, benda mirip tank itu tengah ditarik dan dalam keadaan terapung di muka air laut.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (AL), Laksamana Pertama Julius Widjojono enggan berkomentar banyak soal itu.

"Tunggu hasil investigasi," ujar Julius ketika dihubungi Liputan6.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kejadian 18 Desember 2021

Sebelumnya, sebuah benda menyerupai kendaraan tempur tank juga ditemukan di Perairan Natuna, Kepulauan Riau, 18 Desember 2021 lalu. Benda tersebut ditemukan oleh pekerja migas di perairan tersebut.

Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang memastikan benda menyerupai tank itu tidak berbahaya.

"Iya, memang betul ada temuan benda mirip tank, tapi tidak berbahaya," kata Kepala Dinas Penerangan Lantamal IV Mayor Marinir Saul Jamlaay, seperti dilansir Antara, Sabtu 18 Desember 2021.

Menurut dia, benda tersebut merupakan milik perusahaan migas Star Energy dari rig blok kakap yang melakukan pengeboran di Laut Natuna.

"Pihak perusahaan sudah mengakui hal itu. Benda itu hanyut sendiri," jelas Saul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.