Sukses

Survei PRC-PPI: Ganjar Puncaki Elektabilitas Capres, Disusul Prabowo dan Anies

Adapun survei menggunakan metode multi stage random sampling. Jumlah responden sebanyak 1.600 orang dan tersebar secara proporsional di 34 Provinsi.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga survei Politika Research & Consulting (PRC) bersama Paremeter Politik Indonesia merilis hasil survei terkait calon presiden dan wakil presiden di Pilpres 2024.

Dalam survei tersebut menunjukkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati posisi pertama calon presiden potensial dalam Pilpres 2024, dengan raihan elektabiltas 25,5 persen.

Sementara posisi kedua Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan elektabilitas 22,9 persen, disusul Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di posisi ketiga dengan 12,4 persen.

“Peta elektoral 15 nama, Ganjar sudah mendahului peringkat Prabowo, harus diakui Ganjar paling dianggap layak untuk dijadikan capres,” kata Direktur Eksekutif PRC, Rio Prayogo, dalam konferensi pers daring pada Senin, (27/12/2021).

Sementara di posisi keempat diduduki Sandiaga Uno dengan 9,4 persen dan Ridwan Kamil 5,8 persen.

“Sandiaga juga efektif tapi sebagai cawapres, yang lain harus belajar dari Ganjar bagaimana kedikenalan menjadi elektabiltas yang baik,” kata Rio.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Metode Survei

Adapun survei menggunakan metode multi stage random sampling. Jumlah responden sebanyak 1.600 orang dan tersebar secara proporsional di 34 Provinsi.

Responden yang terpilih diwawancarai lewat tatap muka (face to face). Sementara Pengumpulan dan pengolahan data dilakukan pada 12 November-4 Desember 2021. Untuk tingkat kepercayaan (significant level) survei ini adalah 95 persen dengan margin of error sebesar 2,5 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.