Sukses

Jasa Marga Sediakan 6.000 Goodie Bag Makanan Ringan untuk Pengguna Jalan Saat Kondisi Padat

Layanan diberikan berupa pengecekan tekanan ban dan pengisian nitrogen gratis. Di tiap pokso juga tersedia layanan pengecekan kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, sejumlah Posko Siaga Layanan Nataru didirikan titik di rest area sejumlah ruas tol Jasa Marga Group. Hal ini untuk mengantisipasi potensi peningkatan arus balik periode libur Natal 2021 dan Tahun baru 2022 (Nataru).

"Kami berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan tol melalui Posko Siaga Layanan Nataru. Pelayanan yang diberikan dalam sinergi Jasa Marga dan Jasa Raharja," kata Dwimawan dalam keterangan diterima, Minggu (26/12/2021).

Dwimawan menjelaskan, layanan diberikan tidak sebatas tempat istirahat namun juga layanan pengecekan kendaraan, seperti pengecekan tekanan ban dan pengisian nitrogen gratis. Kemudian, di tiap pokso juga tersedia layanan pengecekan kesehatan berupa cek tensi dan penyediaan obat-obatan ringan.

"Ada 6.000 goodie bag berisi makanan ringan, untuk antisipasi jika pengguna jalan berada dalam kondisi kepadatan, akibat lonjakan arus lalu lintas. Kami juga menyebarkan pesan- pesan keselamatan berkendara dalam bentuk leaflet dan media luar ruang," jelas Dwimawan.

Diketahui, posko akan disiagakan hingga 28 Desember 2021 untuk periode Natal. Selanjutnya. Pokso akan kembali dibuka pada 31 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 untuk arus tahun baru. Posko berlokasi di sejumlah rest area Jalan Tol Trans Jawa.

"Untuk lokasi arus mudik di antaranya Rest Area Km 57 A Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Km 207 A Jalan Tol Palimanan-Kanci, Km 147 A Jalan Tol Padaleunyi, Km 519 A Jalan Tol Solo-Ngawi dan Km 66 A Jalan Tol Pandaan-Malang," ungkap Dwimawan.

Sementara itu, untuk arus balik, yaitu di Km 62 B Jalan Tol Jakarta- Cikampek, Km 88 B Jalan Tol Cipularang, Km 208 B Jalan Tol Palimanan-Kanci, Km 519 B Jalan Tol Solo-Ngawi dan Km 66 B Jalan Tol Pandaan-Malang.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Utamakan Keselamatan

Diketahui, program ini adalah komitmen Jasa Marga dalam mengutamakan keselamatan pengguna jalan tol, khususnya dalam meminimalisir potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Sebab, hingga akhir November 2021, penyebab kecelakaan sesuai catatan Jasa Marga, sebanyak 82% adalah faktor pengemudi, disusul dengan 17% faktor kendaraan dan 1% faktor jalan dan lingkungannya.

"Faktor pengemudi sendiri paling mendominasi adalah akibat kurang antisipasi sebesar 52% dan akibat mengantuk sebesar 45%. Diharap pelayanan ini terus ditingkatkan," Dwimawan menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.