Sukses

Harga 3 Komoditas di Jakarta Ini Naik Jelang Tahun Baru 2022

Meski harga beberapa komoditas naik, BI memastikan inflasi di Jakarta relatif stabil jelang Tahun Baru 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) DKI Jakarta, Onny Widjanarko menyampaikan perkembangan inflasi di Ibu Kota relatif terjaga dan lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, atau tercatat sebesar 0,4 persen (mtm), atau sebesar 1,34 persen (yoy) pada November 2021.

"Secara kumulatif, inflasi Jakarta sampai dengan November 2021 tercatat sebesar 1,08% (ytd) lebih rendah dari periode yang sama tahun 2020 yaitu 1,32% (ytd)," kata Onny dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (25/12/2021).

Menurut dia, inflasi indeks harga konsumen (IHK) bersumber dari kelompok makanan, minuman dan tembakau, kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran, dan perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga.

Sebagian besar harga sejumlah komoditas di Jakarta mengalami kenaikan, yakni pada kelompok komoditas makanan, minuman, dan tembakau, disusul oleh kelompok transportasi.

"Masyarakat tidak perlu khawatir dan tidak perlu melakukan pembelian bahan pangan melebihi dari kebutuhan normal untuk mengantisipasi kebutuhan pada saat Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022," ucapnya.

Lanjut dia, sejumlah langkah antisipasi telah dilakukan oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DKI Jakarta untuk mengantisipasi kenaikan harga tiga komoditas tersebut, yakni dengan menerapkan stok manajemen yang baik.

"Dalam rangka mendorong efektivitas dan optimalisasi dalam pengendalian harga dan menjaga kecukupan pasokan, BUMD pangan dalam memperluas kerja sama perdagangan antarwilayah menjadi model bisnis utama TPID DKI Jakarta," jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemprov DKI Cek Harga dan Stok Pangan di Pasar

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda DKI Jakarta Sri Haryati mengaku telah berkeliling ke pedagang pasar untuk mengecek harga dan stok pangan, terutama produk yang mempengaruhi inflasi.

"Secara keseluruhan kami memonitoring beberapa produk mulai dari cabai merah, cabai keriting, cabai rawit, bawang dan beberapa produk lainnya," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.