Sukses

Libur Natal 2021, Kebun Binatang Ragunan Diserbu 9.798 Pengunjung

Selama libur Natal 2021, manajemen Taman Margasatwa Ragunan membatasi pengunjung sebesar 50 persen per hari, yakni sekitar 30.000 orang.

Liputan6.com, Jakarta - Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan diserbu ribuan pengunjung pada libur Natal, Sabtu (25/12/2021). Hingga pukul 10.00 WIB, tercatat ada 9.798 pengunjung yang mendatangi kebun bintang tersebut.

"Berdasarkan data yang tercatat, ada 9.798 pengunjung per pukul 10.00 WIB," ujar Staf Pelayanan Informasi dan Kehumasan Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang, seperti dikutip dari Antara, Sabtu.

Bambang menuturkan, Taman Margasatwa Ragunan pada liburan Natal 2021 ini memberlakukan pembatasan pengunjung sebanyak 50 persen atau setara dengan 30.000 ribu orang.

Menurutnya, jumlah pengunjung tersebut akan terus bertambah sebelum Ragunan ditutup pada pukul 14.30 WIB.

Bambang menjelaskan, sebelum mendatangi kebun binatang Ragunan, pengunjung diwajibkan melakukan pendaftaran secara daring pada H-1 kunjungan mereka.

"Nanti ada verifikasi dari sistem. Kemudian, scan QR barcode PeduliLindungi," katanya.

Pengelola mewajibkan para pengunjung mematuhi protokol kesehatan (prokes) yang ditetapkan, seperti memakai masker dan tidak membuat kerumunan.

Bagi para pengunjung yang ditemukan membuat kerumunan, kata Bambang, petugas akan bersikap tegas untuk membubarkannya. Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 diturunkan untuk memantau keadaan di sekitar Ragunan.

Lebih lanjut, Bambang menuturkan bahwa para pedagang makanan dan minuman di Ragunan diwajibkan mematuhi aturan ganjil-genap.

"Kita juga atur ganjil-genap. Karena ini tanggal ganjil, pedagang yang memegang kartu ganjil dapat berjualan," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diminati karena Murah

Salah satu pengunjung bernama Ida menyampaikan bahwa Ragunan menjadi pilihan tempat berlibur dia dan keluarganya karena harga tiket masuk yang murah, yaitu Rp 4.000 untuk orang dewasa dan Rp 3.000 bagi anak-anak.

"Saya dan keluarga mengunjungi Ragunan karena murah meriah, anak kecil senang, dan tempatnya nyaman," ujar Ida.

Ia mengaku merasa senang dan puas terhadap pelayanan yang diberikan para petugas, terutama saat mengantre masuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.