Sukses

Pesan Iriana Jokowi di Hari Ibu untuk Perempuan Indonesia

Menyambut Hari Ibu, Ibu Negara Iriana Jokowi mengungkapkan, semua perempuan merupakan penentu masa depan bangsa.

Liputan6.com, Jakarta - Ibu Negara Iriana Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan sederet pesan kepada perempuan-perempuan hebat di Indonesia dalam peringatan Hari Ibu yang jatuh tepat pada hari ini, Rabu (22/12/2021).

Menurut Iriana, banyak peran penting yang bisa dilakukan para perempuan Indonesia dalam pembangunan. Salah satunya meningkatkan semangat kewirausahaan. 

Hal ini seiring tema yang diangkat dalam peringatan Hari Ibu ke-93, yakni "Perempuan Berdaya Indonesia Maju." 

Dalam sambutannya, Iriana pun mengajak wanita Indonesia untuk lebih berani berbicara dan menunjukkan potensi yang dimiliki.

"Peran penting dalam berbagai sektor pembangunan harus membangkitkan semangat kaum perempuan untuk lebih berani berbicara dan menunjukkan potensinya agar semakin berdaya membangun kesetaraan dan kehidupan," kata dia yang dikutip dari laman YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (22/12/2021).

Berikut deretan pesan Iriana Jokowi di Hari Ibu kepada perempuan hebat Indonesia, seperti dihimpun Liputan6.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Penentu Masa Depan Bangsa

Di momen peringatan Hari Ibu, Iriana Jokowi mengungkapkan bahwa semua perempuan merupakan penentu masa depan bangsa.

"Setiap tanggal 22 Desember, bangsa Indonesia memperingati Hari Ibu, hari yang sangat bersejarah sebagai tonggak penting gerakan perempuan Indonesia untuk ikut berkontribusi memajukan bangsa dan negara," katanya dalam sambutan singkat yang dikutip dari laman YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (22/12/2021).

3 dari 5 halaman

2. Punya Peran Penting dalam Kemajuan Bangsa

Selain mengucapkan terima kasih atas jasa para ibu, Iriana juga menyampaikan beberapa hal terkait peran penting perempuan bagi kemajuan bangsa.

"Peran penting dalam berbagai sektor pembangunan harus membangkitkan semangat kaum perempuan untuk lebih berani berbicara dan menunjukkan potensinya agar semakin berdaya membangun kesetaraan dan kehidupan," kata dia.

4 dari 5 halaman

3. Jangan Berhenti Berjuang Siapkan Generasi Tangguh

Tak cukup hanya itu, Iriana juga mengajak para ibu untuk tidak berhenti berjuang demi menyiapkan generasi masa depan yang kuat dan tangguh. 

"Kita harus terus bergerak untuk menurunkan angka stunting, menurunkan angka kematian ibu, menekan tingkat kekerasan terhadap perempuan dan anak serta memperkuat ekonomi keluarga dengan menggerakkan semangat kewirausahaan. Saya yakin dengan ketangguhan dan peran-peran strategisnya kaum perempuan Indonesia dan para ibu Indonesia di seluruh pelosok Tanah Air akan semakin berdaya untuk mewujudkan Indonesia maju," kata Iriana Jokowi. 

 

5 dari 5 halaman

4. Berperan dalam Pembentukan Karakter Bangsa

Lebih lanjut, Iriana Joko Widodo mengajak para perempuan harus berdaya dan berperan dalam pembentukan karakter bangsa.

"Perempuan harus terus berjuang bagi kemajuan Indonesia, harus menjadi yang berdaya, berperan dalam pembentukan karakter bangsa," kata Iriana.

Menurut dia, selama ini kaum ibu telah membuktikan daya juangnya, melindungi anak-anak dan orang-orang disekitarnya agar tenang dan produktif. Situasi tersebut semakin meyakinkan bahwa perempuan adalah penggerak pilar bangsa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Hari Ibu Nasional ditetapkan untuk menghargai kedudukan dan peran seorang ibu dalam keluarga, dan dalam upaya menciptakan generasi penerus.
    Hari Ibu Nasional ditetapkan untuk menghargai kedudukan dan peran seorang ibu dalam keluarga, dan dalam upaya menciptakan generasi penerus.

    Hari Ibu

  • Hari Ibu diperingati secara nasional tiap tanggal 22 Desember setiap tahunnya.

    Hari Ibu 2021

  • Iriana