Sukses

Hari Ibu, Jokowi: Para Ibu Pegang Andil Besar Bagi Kemajuan Indonesia

Jokowi menyampaikan selamat Hari Ibu yang jatuh setiap 22 Desember, kepada para ibu-ibu di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan selamat Hari Ibu yang jatuh setiap 22 Desember, kepada para ibu-ibu di Indonesia. Di era digital saat ini, kata dia, perempuan telah berkiprah tanpa batas di semua bidang dan ladang pengabdian.

"Para ibu memegang andil besar bagi kemajuan bangsa, seraya tetap mengawal generasi masa depan Indonesia," kata Jokowi melalui akun instagramnya @jokowi, Rabu (22/12/2021).

Jokowi mengatakan, perkumpulan-perkumpulan perempuan di tanah air menggelar Kongres Perempuan Indonesia di Yogyakarta pada 22 Desember 1928. Kendati hampir seabad berlalu, namun semangat para perempuan tetap kuat hingga kini.

"Sudah 93 tahun berlalu, tetapi semangat yang mengemuka dalam pertemuan itu tetap hidup, lestari, dan telah terwujud hari ini," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perempuan Tak Hanya Sebagai Konco Wingking

Sementara itu, Ibu Negara Iriana Jokowi menyampaikan Hari Ibu merupakan momentum yang baik untuk menunjukkan bahwa perempuan Indonesia harus bisa pintar. Menurut dia, perempuan Indonesia harus bisa berkontribusi bagi negara.

"Tidak hanya sebagai konco wingking saja tapi bisa kontribusi bagi negara. Contohnya, ada Ibu RT, bukan istri Pak RT," ucap Iriana dalam tayangan di Youtube Sekretariat Presiden.

"Terus ada yang berpolitik, ada yang perempuan yang jadi presiden, (jadi) menteri," sambung dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Hari Ibu Nasional ditetapkan untuk menghargai kedudukan dan peran seorang ibu dalam keluarga, dan dalam upaya menciptakan generasi penerus.
    Hari Ibu Nasional ditetapkan untuk menghargai kedudukan dan peran seorang ibu dalam keluarga, dan dalam upaya menciptakan generasi penerus.

    Hari Ibu