Sukses

3.288 Polisi Diterjunkan Amankan Muktamar ke-34 NU di Lampung

Acara Muktamar ke-34 NU di Lampung akan dibuka langsung oleh Presiden Jokowi. Polda Lampung menerjunkan 3.288 personelnya untuk mengamankan kegiatan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 3.288 personel Polda Lampung diterjunkan untuk mengamankan kegiatan Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) di Pondok Pesantren Darussa'adah, Gunung Sugih, Lampung Tengah. Acara akan mulai dibuka hari ini, Rabu (22/12/2021).

Kapolda Lampung Irjen Hendro Sugiatno mengatakan, ribuan personel tersebut nantinya akan disebar ke beberapa titik kegiatan Muktamar NU.

"Melakukan pengamanan di Gunung Sugih Lampung Tengah, Malahayati, UIN Raden Intan, dan Unila serta titik-titik lain yang akan dilalui karena nanti pembukaannya akan dihadiri Presiden dan Wakil Presiden," kata Hendro dalam keterangan tertulisnya, Selasa (21/12).

Hendro menjelaskan, para personel tersebut telah mengikuti kegiatan apel gelar pasukan yang langsung ia pimpin di Lapangan Korpri Provinsi Lampung pada Selasa kemarin .

Ia menyebut, pengamanan polisi juga akan dilakukan terhadap masyarakat yang akan mengikuti ibadah Natal 2021 mendatang. Dalam pengamanan itu, akan ada 2.900 personel gabungan yang tersebar di 66 pos.

"Kami juga melakukan pengamanan dan pengawasan di sentra-sentra keramaian di antaranya di pusat perbelanjaan, tempat wisata dan sentra-sentra lainnya agar Natal dan Tahun Baru bisa berjalan lancar, aman, dan tertib," jelasnya.

Dengan masih dilanda pandemi Covid-19, dirinya meminta kepada masyarakat untuk tidak berkerumun dan merayakan kegiatan Tahun Baru 2022 mendatang.

"Lebih baik melakukan kegiatan seperti berdoa bersama dan kegiatan lainnya yang positif di rumah masing-masing," tutupnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akan Dibuka Jokowi

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dipastikan bakal hadir pada Pembukaan Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU).

Setelah pembukaan, peserta akan melanjutkan kegiatan dengan mengikuti sidang dengan agenda pembacaan tata tertib dan laporan pertanggungjawaban di Gedung Serbaguna (GSG) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung sore hingga malam. Kegiatan dilanjutkan pada Kamis (23/12) dengan agenda sidang komisi-komisi.

Salah satu agenda yang paling dinantikan di Muktamar NU adalah suksesi Ketum PBNU. Belakangan ini, terdapat dua kandidat kuat calon Ketum PBNU yakni Ketum petahana Said Aqil Siraj dan Katib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf.

 

Reporter: Nur Habibie/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.