Sukses

Kronologi Petugas Kebersihan Wisma Atlet Terpapar Varian Covid-19 Omicron

Menkes menegaskan, saat ini kasus omicron hanya ada di Wisma Atlet. Tidak menyebar di masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan penyebab petugas kebersihan Wisma Atlet terinfeksi Covid-19 varian Omicron. Ternyata, ia tertular dari seorang wanita Indonesia yang baru pulang dari Nigeria pada 27 November 2021.

"Di Indonesia sudah disampaikan ada office boy yang kena, sekarang kita sudah bisa mengkonfirmasi tenaga kesehatan tersebut kena pada 8 Desember berasal dari pelaku perjalanan luar negeri seorang wanita Indonesia yang datang pada 27 November dari Nigeria," ungkapnya saat jumpa pers, Senin (20/12/2021).

Menurutnya, sudah terbukti semua kasus Omicron di Indonesia adalah kasus yang masuk dari luar negeri. Namun ia bersyukur kasus Omicron yang terdeksi langsung berada di kawasan karantina.

"Pertama yang datang dari Nigeria pada tanggal 27 November, dan ini juga menunjukkan bahwa alhamdulillah semua kasus terjadi di karantina, kita tangkap di karantina sampai saat ini belum ada yang menyebar keluar," kata dia.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perketat Pintu Masuk ke Indonesia

Oleh karena itu, pemerintah akan memperketat pintu masuk ke Indonesia maupun karantina. Budi berupaya agar Omicron tidak menyebar luas ke Tanah Air.

"Perlu kita perketat kedatangan kita karantina kita agar kasus kasus yang datang dari Nigeria, yang datang dari London, yang datang dari Amerika kita jaga," pungkasnya.

Reporter: Genan Kasah

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.