Sukses

Survei Charta Politika: Calon Wapres, Sandiaga Uno Tertinggi Disusul Ridwan Kamil

Lembaga Survei Charta Politika Indonesia menyebutkan, muncul nama Sandiaga Uno yang menempati posisi pertama sebagai tokoh yang berpotensi menjadi calon wapres.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Survei Charta Politika Indonesia menyebutkan, muncul nama Sandiaga Uno yang menempati posisi pertama sebagai tokoh yang berpotensi menjadi calon wakil presiden (wapres).

Hasil survei menunjukkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu memperoleh angka 27,7 persen.

Sementara di bawah Sandiaga terdapat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di posisi kedua yaitu 17,4 persen, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan 9,1 persen.

"Sandi 27,7 persen, image-nya yang sudah pernah jadi cawapres," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya saat merilis hasil survei terkait kondisi politik, ekonomi dan hukum di masa pandemi, Senin (20/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Capres

Sementara terkait calon presiden, nama Ganjar Pranowo menempati posisi pertama disusul Prabowo Subianto dan di urutan ketiga Anies Baswedan.

"Ganjar Pranowo mendapat elektabilitas tertinggi. Ganjar mendapat angka 25,5 persen, Prabowo 22,3 dan Anies 17,7 persen," kata dia.

Yunarto menyebut, mayoritas responden yang telah mantap dengan pilihannya sebesar 55,0 persen. Sedangkan, masih mungkin bisa berubah 38,5 persen dan tidak tahu atau tidak jawab 6,8 persen.

Adapun survei dilakukan pada 29 - 6 Desember 2021 dengan menggunakan metode penarikan sampel acak bertingkat (multistage random sampling). Jumlah responden 1200 responden dengan margin of error + 2.83% pada tingkat kepercayaan 95 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.