Sukses

3 Hal Terkait Aktor Taiwan Chen Sun Young Beri Warisan Untuk TKI Yuli

Pada Jumat 17 Desember 2021, aktor senior Taiwan, Chen Sung Young meninggal dunia di Taoyuan Chang-Gung Memorial Hospital.

Liputan6.com, Jakarta - Pada Jumat 17 Desember 2021, aktor senior Taiwan, Chen Sung Young meninggal dunia di Taoyuan Chang-Gung Memorial Hospital.

Chen Sung Young meninggal karena penyakit yang sudah menahun. Dikarenakan tak pernah menikah, ia diurus oleh perawatnya yang merupakan tenaga kerja Indonesia (TKI).

Tenaga kerja wanita (TKW) bernama Yuli itu pun meraih warisan senilai 1 juta dolar Taiwan dari Chen dikarenakan dedikasinya yang tinggi.

Menurut laporan Taiwan News, Minggu 19 Dedember 2021, Chen Sung-young meninggalkan warisan sebesar 1 juta dolar Taiwan (Rp 1 miliar) kepada Yulia Yule.

Uang itu diharapkan bisa dipakai Yuli untuk membeli rumah dan membuka bisnis ketika ia kembali ke Indonesia.

Salah satu alasan Che memberikan warisan tersebut karena menganggap Yuli sebagai anak perempuannya yang dari Indonesia.

Berikut sederet fakta terkait aktor senior Taiwan, Chen Sung Young yang meninggal dunia dan mewariskan warisannya pada tenaga kerja Indonesia (TKI) dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Meninggal Dunia karena Sakit Menahun

Aktor senior kelahiran Taiwan yang membintangi banyak film Mandarin, Chen Sung Young, telah mengembuskan napas terakhir.

Dilansir dari Taiwan News, Minggu 19 Desember 2021, sang aktor meninggal dunia dalam usia 80 tahun pada 17 Desember lalu.

Diwartakan SET News, ia meninggal dunia pukul 15.07 di RS Taoyuan Chang-Gung Memorial, Distrik Guishan.

Selama beberapa tahun terakhir, Chen Sung Young memang diketahui berjuang melawan sejumlah penyakit. Kondisinya memburuk selama beberapa bulan terakhir.

Menurut seorang rekannya, ia masih bisa bertahan lebih lama bila bersedia menjalani dialisis, tapi sang aktor menolak. Pria yang pernah menjadi lawan main Jet Li dan Jackie Chan ini memilih untuk dirawat jalan.

Focus Taiwan mewartakan bahwa Chen Sung Young mengalami beragam masalah kesehatan selama bertahun-tahun.

Mulai dari stroke pada 2006, diikuti dengan diabetes, sakit ginjal, dan penglihatan yang terganggu. Taiwan News juga mencatat ia menderita tukak lambung pada 2009, juga jatuh dan mengalami edema paru pada 2016.

Selama 15 tahun terakhir, ia lebih sering tampil di muka publik dengan menggunakan kursi roda.

 

3 dari 4 halaman

2. Dirawat TKI yang Dianggap Anak Perempuannya

Chen Sung Young diketahui tak menikah sepanjang hidupnya. Namun ia sangat dekat dengan perawatnya yang berasal dari Indonesia, Yuli. Saking sayangnya, wanita ini disebut sebagai anak perempuannya.

Dalam sebuah interview semasa hidup dengan Apple Daily, Chen Sung Young pernah bercerita bahwa ia memberikan hadiah berbetuk emas permata sebesar 1,2 juta dolar Taiwan atau senilai Rp 620 juta kepada Yuli.

Tak hanya itu, ia juga mengatakan bila Yuli kembali pulang ke Indonesia, atau setelah ia meninggal, wanita ini akan mendapat warisan senilai 2 juta dolar Taiwan untuk membantunya beli tanah atau memulai usaha di kampung halaman.

 

4 dari 4 halaman

3. Wariskan Rp 1 M untuk Yuli

Chen Sun Young yang meninggal pada usia 80 tersebut mewariskan sebagian harganya pada seorang TKW asal Indonesia bernama Yuli.

Besaran harta warisan yang diterima oleh Yuli adalah 2 juta dolar Taiwan atau sekitar 1 miliar rupiah.

Tak hanya itu, Chen Sung Young juga pernah memberikan hadiah berupa perhiasan emas senilai 1,2 juta dolar Taiwan atau sekitar Rp 620 juta untuk Yuli.

"Saya memintanya untuk memanggil saya Abba (ayah)," ujar Chen Sung Young beberapa waktu lalu seperti dikutip News.fox.24 pada Minggu 19 Desember 2021.

Menurutnya, itu menjadi salah satu bentuk terima kasihnya pada Yuli atas kesabarannya selama ini. Ia pun sempat mengungkapkan bahwa akan berusaha memberikan apapun pada Yuli termasuk harta warisan yang telah direncanakannya.

"Saya akan memberikan apapun yang dia inginkan, selama saya bisa melakukannya. Meskipun tidak banyak," kata Chen Sung Young.

Yuli bekerja sebagai perawat dan pengasuh Chen Sung Young. Chen Sung Young pun pernah mengungkapkan bahwa ia menyayangi Yuli layaknya anak sendiri.

"Abba akan mati nanti, saya akan memberikanmu sejumlah uang," ujar Chen Sung Young.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.