Sukses

Pencapaian Pamsimas Bangun Akses Air Minum Aman dan Sanitasi Bersih hingga ke Pelosok Negeri

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuat Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuat Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Program ini berjalan sejak 2008 dan diunggulkan untuk memberikan akses aman air minum dan sanitasi bersih yang layak hingga ke seluruh pelosok Nusantara. Dengan adanya program ini, Kemen PUPR melalui Pamsimas memberi harapan atas kesulitan hidup yang dihadapi masyarakat, terutama di pedesaan.

 

Selama 14 tahun, Pamsimas pun berkontribusi memberikan akses air minum kepada lebih dari 24 juta jiwa dan sanitasi kepada 15 juta jiwa. Selama program ini hadir, Pamsimas membangun lebih dari 35 ribu pemerataan akses air minum dan sanitasi berbasis masyarakat yang tersebar di 33 provinsi.

Dalam prosesnya, Pamsimas menjadi program inklusif yang melibatkan peran aktif masyarakat mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pemeliharaan. Ya, Pamsimas ada untuk mengalirkan kebaikan dan mewujudkan mimpi bersama, dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat.

Tahun ini, Pamsimas berada di ujung perjalanannya. Itu karena target yang ditetapkan untuk akses aman air minum dan sanitasi bersih yang layak melebihi capaian yang diharapkan di awal.

 

Meski menjadi kabar baik karena Pamsimas berhasil mengalirkan air ke semua sudut negeri, namun perjuangan untuk menjaga keberlangsungan belum berakhir. Pamsimas sudah menuai janjinya, namun baktinya untuk membangun negeri tak berhenti sampai di sini.

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini