Sukses

Gamelan Jadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia, Jokowi: Terus Lestarikan

Jokowi juga mengatakan gamelan memberi inspirasi dan pengaruh terhadap musik dunia.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, UNESCO sebagai badan PBB bidang pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan telah menetapkan gamelan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (Intangible Cultural Heritage) asal Indonesia.

Menurut Jokowi, kabar tersebut harus menjadi sebuah kebanggaan dan disambut hangat. 

"Gamelan sudah lama menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari rakyat di berbagai daerah di Indonesia, terus dipelajari, dikembangkan dan diwariskan dari generasi ke generasi," kata Jokowi seperti dikutip dari akun Instagram pribadinya, Kamis (16/12/2021).

Jokowi menambahkan, gamelan memberi inspirasi dan pengaruh terhadap musik dunia. Karenanya, Indonesia akan terus melestarikan gamelan melalui pendidikan dan pelatihan secara formal dan non-formal.

"Indonesia terus melestarikan melalui festival, pawai, pertunjukan, dan pertukaran budaya," yakin Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

12 Warisan Budaya Tak Benda Indonesia

Sebagai informasi, Gamelan resmi menjadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia ke-12 yang telah tercantum dalam daftar Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) UNESCO.

Sederet WBTB yang sudah masuk dalam daftar UNESCO adalah wayang, keris, batik, pendidikan dan pelatihan batik, angklung, tari saman, noken, tiga genre tari tradisional di Bali, seni pembuatan kapal pinisi, tradisi pencak silat, dan pantun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.