Bangkitkan Ekonomi Lokal, Wali Kota Sutiaji Apresiasi Gelaran East Java Tourism Awards 2021

Oleh Gilar Ramdhani pada 15 Des 2021, 13:10 WIB
Diperbarui 16 Des 2021, 00:21 WIB
Bangkitkan Ekonomi Lokal, Wali Kota Sutiaji Apresiasi Gelaran East Java Tourism Awards 2021
Perbesar
Wali Kota Malang Sutiaji memberikan apresiasi tinggi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Gubernur Khofifah Indar Parawansa yang telah menginisiasi gelaran East Java Tourism Awards 2021.

Liputan6.com, Malang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif merupakan salah satu penyangga ekonomi nasional dan masyarakat. Oleh karena itu, dibutuhkan sinergi berbagai pihak dan stakeholder untuk memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terkena dampak besar akibat pandemi.

Berkaitan dengan hal tersebut, Wali Kota Malang Sutiaji memberikan apresiasi tinggi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Gubernur Khofifah Indar Parawansa yang telah menginisiasi gelaran East Java Tourism Awards 2021.

Dalam acara ini, penghargaan diberikan kepada beberapa pengelola dan inisiator desa wisata, destinasi wisata alam, destinasi wisata buatan, rumah makan non-bintang dan pembuat film pendek yang menyuguhkan keunggulan sebuah daerah.

Menurut Sutiaji, East Java Tourism Awards 2021 telah memberikan dampak yang sangat positif bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. Bukan hanya bagi pihak-pihak yang meraih penghargaan, melainkan juga para pedagang dan pelaku UMKM lokal yang berada di sekitar destinasi wisata.

"Jika ekonomi bertumbuh dengan baik, baik sektor lain juga akan mengikuti, seperti bidang pendidikan, kesehatan dan sosial ekonomi," ujar orang nomor satu di Pemkot Malang itu.

Lebih lanjut, Sutiaji menyebutkan bahwa apabila sebuah destinasi wisata mempunyai daya tarik tinggi dan mendapat penghargaan, maka berbagai sektor ekonomi yang ada di sekelilingnya akan berdampak positif.

"Dalam hal ini, Kota Malang mempunyai potensi yang sangat tinggi dan pemanfaatannya perlu terus ditingkatkan," sambungnya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Penghargaan Beri Motivasi untuk Maju

Sutiaji menambahkan bahwa pemberian penghargaan kepada daerah-daerah yang berprestasi tapi meningkatkan semangat untuk mempertahankan apa yang telah dicapai dan kedepan berusaha menjadi lebih baik. Selain itu, juga dapat memicu daerah atau kabupaten/kota lainnya untuk melakukan perbaikan dan koreksi, sehingga nantinya bisa menjadi lebih baik pula.

Dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan, Sutiaji mengajak semua pengelola pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya di Kota Malang agar terus berkreasi, berinovasi serta berkolaborasi. Sehingga secara otomatis akan turut mendongkrak sektor ekonomi. 

Gelaran East Java tourism Award 2021 diselenggarakan di Hotel Grand Mercure, Jumat (10/12/2021) lalu. Menurut Gubernur Khofifah, event seperti ini akan membangun koneksitas di antara kekayaan budaya dan proses yang dilakukan akan memberikan nilai tambah bagi seluruh produktivitas, kreativitas dan inovasi yang bisa dilakukan sesuai dengan potensi lokal masing-masing.

Gelaran ini juga mendapat apresiasi dari menteri pariwisata dan ekonomi kreatif, Sandiaga Salahudin Uno yang saat itu hadir secara virtual. Sandiaga mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur, khususnya para pelaku usaha dan ekonomi kreatif untuk turut mengembangkan pariwisata di daerah secara berkelanjutan dan bertanggung jawab terhadap lingkungan.

"Semua itu, tentunya dengan tetap menerapkan protokol CHSE secara ketat dan disiplin. Mari bersama kita membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif dengan menjalankan 3G, yaitu gercep (gerak cepat), geber (gerak bersama), dan gaspol (garap semua potensi online). Saya salut terhadap Jawa Timur," ungkap Sandiaga.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya