Sukses

Cerita Jokowi Bertemu Mark Zuckerberg, Diberi Tahu Orang Bisa Beli Lahan Virtual

Saat itu, Jokowi mengaku dirinya mendapat bocoran soal Metaverse dari Mark Zuckerberg.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meceritakan saat dirinya bertemu dan bermain pingpong bersama pendiri Meta (Facebook) Mark Zuckerberg pada 2016 lalu. Saat itu, Jokowi mengaku dirinya mendapat bocoran soal Metaverse dari Mark.

"Saya ingat 2016 waktu ketemu Mark Zuckerberg di Amerika saya diajak main pingpong pakai Oculus (virtual reality). Dia memberitahu ke saya, Presiden Jokowi ini nanti dalam 10-15 tahun lagi akan muncul, seperti kita main pingpong ini," kata Jokowi dalam acara Peresmian Gerakan Akselerasi Generasi Digital yang ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (15/12/2021).

Menurut dia, Mark kala itu memberi tahunya bahwa nantinya masyarakat dapat membeli lahan secara virtual dan membangun bisnis virtual. Bukan hanya itu, mall, game, kantor, dan tempat wisata juga virtual.

"Saya saat itu belum bisa membayangkan seperti apa sebetulnya. Tapi sekarang saya bisa ngerti betul, bahwa kemajuan digital ini tidak bisa kita cegah lagi" ujarnya.

Jokowi mengatakan perusahaan-perusahaan besar kini tengah berlomba untuk membangun Metaverse. Salah satunya, Facebook yang berubah menjadi Meta. Kemudian, Epic Games, Roblox, dan Microsoft juga membangun metaverse.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indonesia Perlu Siapkan Strategi Digital

Untuk itu, kata dia, Indonesia juga perlu menyiapkan strategi digital agar tak tertinggal jauh dengan negara-negara lain. Jokowi menuturkan Indonesia memiliki 2.319 start up yang semakin hari terus bertambah.

Indonesia juga mempinyai tujuh unicorn, satu decacorn, dan banyak soonicorn. Jokowi menekankan masyarakat siap dengan kemajuan digital dunia agar tak tertinggal dengan negara lain.

"Negara kita perlu menyiapkan strategi agar kita tidak tertinggal jauh oleh negara-negara lain," ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini