Sukses

Mensos Risma Hubungi Menhub Cari Cara Agar Bantuan untuk Korban Gempa NTT Segera Sampai

Menteri Sosial Tri Rismaharini menginstruksikan pengiriman bantuan untuk korban gempa Larantuka, Nusa Tenggara Timur. Risma mengatakan, saat ini hal yang paling dibutuhkan korban gempa adalah makanan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sosial Tri Rismaharini menginstruksikan pengiriman bantuan untuk korban gempa Larantuka, Nusa Tenggara Timur. Risma mengatakan, saat ini hal yang paling dibutuhkan korban gempa adalah makanan. 

"Jadi bagaimana makanan bisa cepat diterima warga, makanya tadi saya telepon Pak Menhub (Menteri Perhubungan) untuk menjajaki kemungkinan pengiriman barang melalui tol laut," kata Risma di Jakarta, Selasa (14/12/2021).

Untuk memastikan barang terkirim cepat, Risma juga menghubungi beberapa kepala balai kemensos yang paling mungkin menjangkau lokasi bencana. Di antara yang dihubungi adalah Kepala Balai Effata Kupang Wahyu Dewanto, Kepala Loka Minaula Kendari Syamsuddin, Kepala Balai Toddopuli Makasar Christina Junus dan Kepala Balai Paramitha Mataram Ketut Supena.

Kepada para kepala balai, Risma meminta mereka menyiapkan langkah-langkah penanganan bencana, di antaranya dengan menyiapkan gudang untuk menampung bantuan yang akan tiba.

Risma memastikan bantuan dari Kemensos akan dikirimkan ke Nusa Tenggara Timur (Kabupaten Flores dan Kabupaten Sikka), Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara (Kendari).

Mereka juga diminta untuk membagikan bantuan setiba di lokasi bencana. "Nanti kalau bantuan tiba, tolong langsung dibagikan ya, kalau mereka ada di tempat evakuasi langsung dibagikan. Jangan sampai mereka turun karena sangat berbahaya," kata dia seperti dikutip dari Antara.

Risma menyatakan bantuan itu berupa makanan siap saji, makanan anak, tenda keluarga, tenda besar, kelengkapan anak, selimut dan peralatan dapur.

Jumlahnya untuk makanan anak, makanan siap saji dan perlengkapan anak, dikirim masing-masing sebanyak 10.000 pak. Sementara untuk tenda dikirimkan sebanyak 1.000 unit dan selimut 2.000 lembar.

Bantuan dari Kemensos juga dikirimkan dari Gudang Lumbung Sosial atau Bufferstock Regional Makassar ke Kendari berupa makanan anak sebanyak 900 paket, matras 1.000 lembar, selimut 600 lembar, family kit 600 paket dan tenda gulung merah 800 paket

Dari Gudang Bufferstock Regional Makassar pula dikirimkan ke Sulawesi Selatan berupa makanan anak 900 paket, matras 500 lembar, selimut 500 lembar, family kit 500 paket dan tenda gulung merah 500 paket.

Dari Gudang Balai Rehabilitasi Sosial Magelang dikirimkan bantuan menuju Kabupaten Sikka, berupa makanan anak 180 paket, family kit 30 paket, kidsware 30 paket, kasur sebanyak 50 unit, matras 50 lembar, foodware 30 paket, dan peralatan dapur keluarga 30 paket.

Dari Gudang Balai Rehabilitasi Sosial Solo dikirimkan ke Kabupaten Flores Timur berupa makanan anak 180 paket, family kit sebanyak 50 paket, kids ware 30 paket, kasur 25 unit, matras 50 lembar, dan peralatan dapur keluarga 50 paket.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Didrop di Lokasi Dekat Bencana

Risma menyatakan di daerah tujuan bantuan akan didrop di titik-titik terdekat dengan lokasi bencana. Agar masyarakat segera mendapatkan bantuan tersebut.

Bantuan yang saat ini dikirim, terutama makanan siap saji, dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam waktu segera.

"Bantuan makanan itu di awal. Nanti setelah itu segera dibangun dapur umum. Jadi ini kebutuhan masyarakat nanti bisa dicukupi melalui dapur umum," kata dia.

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini tsunami di wilayah Maluku, NTB, NTT, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara, menyusul gempa magnitudo 7,4.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Tri Rismaharini, sering disapa Risma menjabat sebagai Wali Kota Surabaya untuk kedua kalinya pada periode 2016-2021.
    Tri Rismaharini, sering disapa Risma menjabat sebagai Wali Kota Surabaya untuk kedua kalinya pada periode 2016-2021.

    Tri Rismaharini

  • Gempa berkekuatan magnitudo 7,4 mengguncang Larantuka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (14/12/2021).
    Gempa berkekuatan magnitudo 7,4 mengguncang Larantuka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (14/12/2021).

    Gempa NTT

  • mensos

  • Bencana