Sukses

4 Hal soal Kabar Ahmad Dhani-Mulan Jameela Tak Karantina Sepulang dari Turki

Sebelumnya, muncul dugaan Ahmad Dhani, Mulan Jameela, Al Ghazali, El Rumi, dan Dul Jaelani tak mengikuti proses karantina sepulang dari Turki.

Liputan6.com, Jakarta Musikus Ahmad Dhani dan keluarga sedang diterpa isu terkait kabar tidak mengikuti proses karantina sepulang dari Turki. 

Merespons adanya dugaan musikus Ahmad Dhani bersama keluarganya tidak menjalankan karantina usai dari Turki, Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan kepada seluruh pelaku perjalanan internasional yang masuk ke Indonesia untuk bisa mengikuti protokol kesehatan berlaku, termasuk karantina.

"Pada saat pandemi Covid, apalagi adanya potensi ancaman imported case varian Omicron dari luar negeri, seluruh pelaku perjalanan internasional harus menjalani peraturan skrining tes dan karantina selama 10x24 jam," kata Wiku melalui pesan tertulis diterima, Minggu 12 Desember 2021.

Wiku pun berharap, prokes tersebut berlaku untuk semua lapisan masyarakat, tak terkecuali public figure. Menurut Wiku, bila dugaan terhadap Ahmad Dhani dan Mulan Jameela benar adanya, maka akan ada sanksi tegas yang dijatuhkan bagi para pelanggar. 

Sementara itu, pengacara Ahmad Dhani, Ali Lubis, membantah isu yang sempat mencuat tersebut. Menurutnya, keluarga Ahmad Dhani telah menjalani masa karantina sebagaimana mestinya.

"Mereka sekeluarga tidak ke mana-mana dan justru melakukan karantina sesuai ketentuan yang berlaku," kata Ali saat dihubungi Liputan6.com, Minggu 12 Desember 2021.

Berikut sejumlah hal saat keluarga Ahmad Dhani disebut tak menjalani karantina setelah pulang dari Turki dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Awal Mula Isu Ahmad Dhani Tak Jalani Karantina

Muncul dugaan Dhani, Mulan Jameela, Al Ghazali, El Rumi, dan Dul Jaelani tak mengikuti proses karantina sepulang dari Turki.

Awal mula dugaan ini berasal dari Adam Deni yang mengunggah tangkapan layar berisi pesan langsung alias direct message (DM) di Instagram dari seseorang yang mengaku bertemu keluarga Ahmad Dhani selama di Turki.

Adam Deni lantas menyantumkan isi pesan dari orang tersebut yang mengatakan bahwa Ahmad Dhani dan sekeluarga sudah beraktivitas di Jakarta, sementara ia masih menjalani karantina selama 10 hari sejak 5 Desember 2021.

"Saya bertemu dengan Mulan Jameela, Ahmad Dhani dan semua anak-anaknya, di Capadocia Turki pada 2 Desember 2021," begitu isi pesan unggahan Adam Deni di Instagram @adamdenigrk, Minggu (12/12/2021) yang berasal dari seseorang yang dirahasiakan identitasnya.

"Kebetulan saya satu bus dengan keluarga beliau dijemput dari hotel menuju ke tempat naik balon udara," sambung sumber tersebut.

Setelah di Jakarta, sumber Adam Deni tersebut langsung menjalani karantina 10 hari sesuai peraturan pemerintah. Namun ia mengaku terkejut saat melihat dan mendengar kabar keluarga Ahmad Dhani sudah beraktivitas seperti biasa.

"Saya tiba kembali ke Jakarta pada tanggal 5 Desember 2021. Sesuai dengan peraturan pemerintah. Saya pun menjalani karantina 10 hari. Hari ini hari ke 7 karantina saya," sumber tersebut menceritakan.

"Tapi pada tanggal 9 Desember 2021 teman saya memberi informasi kalau temannya itu bertemu dengan Mulan Jameela dan Ahmad Dhani di Mal Pondok Indah. Dan pada hari yang sama, anaknya, Al Ghazali, dengan pacarnya nonton di bioskop," ujar netizen itu.

"Dan pada hari Sabtu 11 Desember 2021 Al, El, Dul naik helikopter keliling Jakarta. Tapi postingan itu udah ditakedown. Postingan Dul juga sudah ditakedown setelah kami komen dipostingannya," sambungnya.

 

3 dari 5 halaman

2. Pengacara Ahmad Dhani: Itu Tidak Benar

Pengacara musikus Ahmad Dhani, Ali Lubis, menanggapi kabar masa karantina sepulang dari luar negeri yang tidak tuntas dijalankan klien bersama keluarganya. Ali Lubis mengatakan bahwa kabar tersebut tidaklah benar.

"Bahwa terkait adanya netizen yang menyebutkan keluarga mereka tidak melakukan karantina setelah melakukan perjalanan dari Turki itu tidak benar," kata Ali dalam keterangan tertulis diterima, Senin (13/12/2021).

Ali mengaku, informasi bantahan yang dia berikan berdasarkan informasi yang diterimanya langsung. Dia menegaskan, Ahmad Dhani dan keluarganya menjalankan protokol sesuai dengan aturan pemerintah yang berlaku.

"Secara mereka sekeluarga tidak ke mana-mana dan justru melakukan karantina sesuai ketentuan," pungkas Ali.

4 dari 5 halaman

3. Satgas Covid-19 Minta Publik Figur Beri Teladan

Jubir Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan kepada seluruh pelaku perjalanan internasional yang masuk ke Indonesia untuk bisa mengikuti protokol kesehatan berlaku, termasuk karantina.

"Pada saat pandemi Covid, apalagi adanya potensi ancaman imported case varian Omicron dari luar negeri, seluruh pelaku perjalanan internasional harus menjalani peraturan skrining tes dan karantina selama 10x24 jam," kata Wiku melalui pesan tertulis diterima, Minggu 12 Desember 2021.

Sebelumnya diberitakan, dugaan pelanggaran karantina dilakukan Ahmad Dhani bersumber dari pertanyaan pegiat media sosial Adam Deni.

Kali ini, Adam Deni mengunggah sebuah laporan yang sumbernya disamarkan dengan mengatakan Ahmad Dhani dan Mulan Jameela serta keluarganya tidak menjalani karantina sesuai jangka waktu yang telah diatur oleh Satgas Covid-19.

Mengutip sumber tersebut, Adam menyebut Dhani dan keluarganya tiba di Indonesia pada tanggal 5 Desember. Namun tidak sampai 10 hari, yang bersangkutan sudah terlihat di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta pada 9 Desember.

 

5 dari 5 halaman

4. Mulan Jameela Disebut Kantongi Izin Karantina Mandiri

Anggota DPR Mulan Jameela dan suaminya Ahmad Dhani disebut-sebut tidak menjalani proses karantina sepulang perjalanan dari Turki. Belakangan diketahui, Mulan ternyata mengantongi surat untuk bisa dikarantina mandiri di rumah.

Hal tersebut diungkapkan Komandan Satgas Udara Covid-19, Bandara Soekarno-Hatta, Kolonel Agus Listiono kepada Liputan6.com, Minggu, 12 Desember 2021. 

"Benar, dapat surat dari BNPB untuk karantina mandiri," kata Agus Listiono.

Menurut Agus, surat rekomendasi untuk bisa dikarantina mandiri di rumahnya di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, diberikan kepada Mulan Jameela karena yang bersangkutan merupakan anggota DPR RI.

 

Muhammad Fikram Hakim Suladi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.