Sukses

Kabar Mulan Jameela Tak Karantina Sepulang dari Turki, Ini Kata MKD DPR

MKD DPR RI belum mendapatkan laporan terkait Anggota Komisi VI DPR RI, Mulan Jameela yang dikabarkan tidak melakukan karantina usai pulang dari luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI belum mendapatkan laporan terkait Anggota Komisi VI DPR RI, Mulan Jameela yang dikabarkan tidak melakukan karantina usai pulang dari luar negeri. Dia bahkan berjalan-jalan ke mal tak lama kemudian.

Wakil Ketua MKD DPR RI, Nazarudin Dek Gam menyebut, pihaknya tidak mau asal termakan informasi tidak jelas sumbernya. Oleh karena itu, MKD DPR belum mengambil tindakan apapun.

"Siapa yang melihat Bu Mulan saat itu? Kita enggak boleh dong katanya-katanya. Kita jangan mudah juga termakan info tidak jelas seperti itu," kata Dek Gam, Jakarta, Senin (13/12/2021).

Dia menegaskan pihaknya tidak bisa memproses dugaan ini tanpa adanya laporan resmi. Dia menilai kabar Mulan nge-mal dan tidak karantina masih desas-desus.

"MKD tidak bisa berbuat terlalu banyak, karena yang pertama itu kan baru katanya-katanya, siapa yang melihat Bu Mulan di PIM? Mana orangnya? Kalau memang ada lapor kepada kami, baru kami akan melakukan tugas fungsi MKD itu," ujar Dek Gam.

Namun, apabila nanti benar terbukti Mulan tidak karantina, dia memastikan MKD akan memanggil dan meminta klarifikasi Mulan.

"Kalau benar itu Mulan kita akan minta klarifikasi," pungkas Dek Gam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Awal Mula

Sebelumnya, muncul dugaan Dhani, Mulan Jameela, Al Ghazali, El Rumi, dan Dul Jaelani tak mengikuti proses karantina sepulang dari Turki.

Awal mula dugaan ini berasal dari Adam Deni yang mengunggah tangkapan layar berisi pesan langsung alias direct message (DM) di Instagram dari seseorang yang mengaku bertemu keluarga Ahmad Dhani selama di Turki.

Adam Deni lantas menyantumkan isi pesan dari orang tersebut yang mengatakan bahwa Ahmad Dhani dan sekeluarga sudah beraktivitas di Jakarta, sementara ia masih menjalani karantina selama 10 hari sejak 5 Desember 2021.

"Saya bertemu dengan Mulan Jameela, Ahmad Dhani dan semua anak-anaknya, di Capadocia Turki pada 2 Desember 2021," begitu isi pesan unggahan Adam Deni di Instagram @adamdenigrk, Minggu (12/12/2021) yang berasal dari seseorang yang dirahasiakan identitasnya.

"Kebetulan saya satu bus dengan keluarga beliau dijemput dari hotel menuju ke tempat naik balon udara," sambung sumber tersebut.

Setelah di Jakarta, sumber Adam Deni tersebut langsung menjalani karantina 10 hari sesuai peraturan pemerintah. Namun ia mengaku terkejut saat melihat dan mendengar kabar keluarga Ahmad Dhani sudah beraktivitas seperti biasa.

"Saya tiba kembali ke Jakarta pada tanggal 5 Desember 2021. Sesuai dengan peraturan pemerintah. Saya pun menjalani karantina 10 hari. Hari ini hari ke 7 karantina saya," sumber tersebut menceritakan.

"Tapi pada tanggal 9 Desember 2021 teman saya memberi informasi kalau temannya itu bertemu dengan Mulan Jameela dan Ahmad Dhani di Mal Pondok Indah. Dan pada hari yang sama, anaknya, Al Ghazali, dengan pacarnya nonton di bioskop," ujar netizen itu.

"Dan pada hari Sabtu 11 Desember 2021 Al, El, Dul naik helikopter keliling Jakarta. Tapi postingan itu udah ditakedown. Postingan Dul juga sudah ditakedown setelah kami komen dipostingannya," sambungnya.

"Silahkan aja mas Adam Deni hitung. Kalaupun mereka landing di Jakarta 3 Desember 2021, apakah 9 Desember 2021 sudah selesai karantinanya," lanjutnya membeberkan.

Selain itu, Adam Deni juga mengunggah sejumlah kegiatan keluarga Ahmad Dhani di media sosial beserta tanggal-tanggalnya setelah mereka di Jakarta sepulang dari Turki.

3 dari 3 halaman

Belum Bisa Dipertanggungjawabkan Kebenarannya

Namun begitu, Adam Deni yang mengunggah pesan tersebut juga masih mempertanyakan kebenaran Ahmad Dhani diduga tak mengikuti karantina.

"Siapin teh anget… Kejadian Kabur Karantina Part 2? Mohon izin bertanya dengan etika saya yg sangat SOPAN, apakah laporan yang saya terima ini benar terjadi? Apakah benar keluarga Ahmad Dhani tidak menjalani kewajiban karantina?" tulisnya bertanya.

"Dan jika memang ini terbukti benar, apakah ini masih ada sangkut pautnya dengan staff protokol DPR? Mohon izin jangan hujat & jangan ciduk saya karena saya bertanya dengan sangat SOPAN.✌️," ia memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.