Sukses

Hibur Anak-Anak Pengungsi Semeru, Mensos Risma Mengajak Bermain dan Bagikan Hadiah

Menteri Sosial Tri Rismaharini menghibur anak-anak pengungsi korban erupsi Gunung Semeru.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sosial Tri Rismaharini menghibur anak-anak pengungsi korban erupsi Gunung Semeru. Risma, mengajak mereka bernyanyi di tenda pengungsian di Lapangan Tirtosari, Desa Penanggal, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (11/12/2021).

"Ayo anak anak kita bernyanyi ya. Ibu juga punya hadiah untuk kalian," kata Risma kepada anak-anak yang sudah berkumpul di tenda pengungsian.

Tenda pengungsian yang didirikan oleh Kementerian Sosial itu semarak dengan berhias balon warna warni. Tenda tersebut ramai dengan tawa anak-anak yang berkumpul untuk bermain dan menyanyi. 

Semua anak mendapatkan aneka mainan yang dibawa oleh Risma seperti boneka, mobil-mobilan dan aneka mainan dibagi merata untuk semua anak. Selain mainan, mereka juga mendapat perlengkapan belajar, seperti tas, alat tulis dan buku.

"Siapa yang mau mainan ini. Sini maju. Ini untuk anak laki-laki ya dan yang ini untuk anak perempuan. Kalian suka kan," kata Risma sambil membagi mainan, seperti dikutip dari Antara.

Anak anak pun antusias menyambut mainan yang dibagikan oleh Risma. Tak hanya membagikan mainan, Mensos juga mengajak anak-anak main kereta-keretaan. Mereka berbaris dan berjalan sambil bernyanyi mengelilingi beberapa tenda di lapangan Tirtosari.

"Ayo siapa yang ikut main kereta keretaan. Nanti saya kasih hadiah," ujar Mensos.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Larut Dalam Kesedihan

Usai bermain dengan anak-anak, Risma juga menitip pesan agar mereka tak larut dalam kesedihan. Mereka harus kembali bangkit, serta minta anak-anak giat belajar agar tercapai cita citanya.

"Anak-anak, kalian harus semangat ya, tidak boleh bersedih terus. Harus bangkit dan semangat untuk belajar agar tercapai cita cita kalian," kata Risma.

Selain bermain dengan anak-anak, Risma juga memberikan santunan kepada ahli waris korban jiwa erupsi Gunung Semeru.

Sementara Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Mensos Risma yang telah membantu proses trauma healing bagi anak anak terdampak erupsi Gunung Semeru.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada Bu Risma karena sudah hadir kembali di pengungsian membantu proses trauma healing untuk anak-anak. Juga atas santunan bagi korban meninggal dunia. Sekali lagi kami sampaikan terima kasih kepada Menteri Sosial," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.