Sukses

Angin Puting Beliung Terjang Desa Sindangasih Cianjur, Belasan Rumah Rusak

Angin puting beliung terjadi menjelang sore yang sebelumnya hujan turun deras disertai angin kencang. Angin memporak porandakan perkampungan warga.

Liputan6.com, Jakarta - Puting beliung melanda Desa Sindangasih, Kecamatan Karangtengah, Cianjur, Jawa Barat. Akibatnya belasan rumah rusak namun tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Sebagian besar atap rumah warga berhamburan terbawa angin dalam peristiwa itu.

"Satu orang warga dilaporkan mengalami luka ringan tertimpa tembok rumah yang ambruk. Sedangkan belasan rumah dilaporkan rusak akibat puting beliung, saat ini, petugas kami masih melakukan pendataan berapa jumlah pasti rumah yang rusak," kata Sekretaris BPBD Cianjur, Rudi Wibowo saat dihubungi Sabtu, (11/12/2021).

Warga yang rumahnya rusak pun mengungsi ke rumah saudara atau tetangga sambil menunggu perbaikan rumah yang akan dilakukan esok hari. 

"Kami belum bisa memastikan, namun sebagian besar rusak berat di bagian atap dan satu rumah temboknya ambruk," kata Rudi seperti dikutip dari Antara.

Angin puting beliung terjadi menjelang sore yang sebelumnya hujan turun deras disertai angin kencang. Angin memporak porandakan perkampungan warga.

"Angin puting beliung datang dari arah barat ke arah pemukiman warga, sebelumnya hujan turun deras disertai angin kencang yang berlangsung cukup lama. Tidak ada korban jiwa namun hitungan kami lebih dari 12 rumah yang rusak," kata warga Saeful Firdaus (30).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berlindung di Tembok

Samsidin (22) warga yang mengalami luka di bagian kepala, mengatakan dia bersama beberapa orang warga lainnya berlindung di belakang tembok rumah yang tiba-tiba ambruk, sehingga menghantam bagian kepalanya.

"Saya bersama beberapa orang warga berlindung ditembok luar rumah karena angin mengamuk dengan cepat, sehingga membuat atap bangunan dan tembok rumah ambruk. Saya mengalami luka ringan di bagian kepala karena tertimpa batu bata," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.