Sukses

Bangun Ekonomi Berbasis Pesantren, Syauqi Maruf Amin Luncurkan Program CBS

Syauqi berharap, program gerakan ekonomi melalui CBS ini akan mampu menjadi agregator produk santri dan pesantren di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Sentra pengembangan ekonomi pesantren (Spektren) Ahmad Syauqi Maruf Amin meluncurkan produk ekosistem ekonomi yang disebut Community Based Santripreneurship (CBS). Program ini ditujukan untuk membangun ekonomi keumatan melalui kominutas pesantren.  

Syauqi mengatakan Program yang dikerjakan dengan menggandeng lembaga pengembangan ekonomi Santri Milenial Centre (Simac) ini dibentuk untuk dijadikan sentrum ekonomi pesantren yang terintegrasi. 

Syauqi berharap, program gerakan ekonomi melalui CBS ini akan mampu menjadi agregator produk santri dan pesantren di Indonesia. 

"Kemandirian ekonomi tidak bisa kokoh kalau tidak dibangun secara tersinergi. Kita akan berantem sendiri, inilah pentingnya sinergi dan kolaborasi dengan semua pihak," demikian penjelasan Syauqi saat launching CBS di Ponpes Technopreneur As Shofa, di Rajeg, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (9/12/2021). 

Syauqi juga menyinggung pandangan Wapres Maruf Amin bahwa seorang santri tidak boleh hidup dengan berbasis pada khittah (garis pemikiran) tetapi juga harus menerapkan khutwah (cara bergerak). 

"Santri bukan hanya berbasiskan khittah (garis pemikirannya saja) tapi juga khutwah yakni garis cara bergeraknya. Dan hal ini harus bergerak bersama-sama," terang Syauqi. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kembangkan Ekonomi Umat

Sementara itu, Presiden Simac, Nur Rohman menyatakan, pesantren memiliki tugas strategis. Dia berpandangan pesantren tidak hanya mendidik santri, mendidik masyarakat dan dakwah Islam rahmatan lil alamin. 

Rohman meyakini bahwa pesantren memiliki tugas lama yang harus dikerjakan hingga saat ini, yakni mengembangkan ekonomi keumatan. Produk Program CBS yang dibuat oleh santri, dikatakan Rohman, adalah bentuk upaya santri dalam menjawab tantangan masalah ekonomi umat.

"Ekosistem CBS Insyaallah akan menjadi semangat bahwa santri pesantren juga punya andil besar dalam membangun ekonomi keumatan," demikian kata pengasuh Pesantren Technopreneur As Shofa ini. 

Untuk diketahui, CBS dibentuk untuk membangun kemandirian ekonomi umat melalui integrasi ekonomi melalui bisnis ritel.

Ekosistem yang dibangun dalam CBS terdiri produk penyediaan barang dan jasa. Dengan sumber modal dari investor, CSR, pemerintah dan BUMN. 

Untuk target pasarnya adalah warung, pesantren, masyarakat, masjid dan pemerintah. Sebagai agregator produk, saat ini CBS telah memiliki 5 ribu jaringan yang sudah berjalan dengan produk unggulannya Kopi Abah. 

Acara launcing Produk CBS ini dihadiri secara virtual oleh Wakil Presiden Maruf Amin, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Untuk tokoh yang hadir langsung di lokasi diantaranya: perwakilan Kemenko Perekonomian, Ulama Banten dan para aktivis pengembangan ekonomi pesantren.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.