Sukses

Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa Resmi Jabat Danjen Kopassus

Sebelumnya, KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin Sertijab Danjen Kopassus di Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa resmi menjabat Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) setelah Danjen Kopassus sebelumnya Mayjen TNI Mohamad Hasan menyerahkan tongkat komando kepemimpinan Korps Baret Merah di Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Kamis (9/12/2021).

Penyerahan tongkat komando kepemimpinan Kopassus itu dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1029/XI/2021 tentang Pemberhentian dari/dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Surat tersebut ditetapkan di Jakarta pada Rabu (17/11/2021) atau bertepatan dengan dilantiknya Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI.

Sebelumnya, Kamis pagi, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) Danjen Kopassus tersebut di Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta.

Mayjen TNI Mohamad Hasan kini menjabat sebagai Pangdam Iskandar Muda/Aceh.

"Pada hari ini saya perlu menyerahkan satuan Kopassus secara resmi kepada pengganti saya yang disaksikan bersama seluruh anggota Kopassus yang hadir di tempat ini," kata Hasan dalam sambutannya.

Dia mengucapkan terima kasih kepada segenap keluarga Kopassus, mulai dari prajurit hingga PNS Kopassus yang telah memberikan loyalitas dan kesetiaannya selama dirinya memimpin Kopassus kurang lebih sekitar 1 tahun tiga bulan.

"Sehingga selama 1 tahun 3 bulan saya menjabat sebagai Danjen Kopassus tugas satuan dapat terlaksana dengan baik dan lancar," kata Hasan seperti dikutip Antara.

Menurut Hasan, saat ini Kopassus sedang giat-giatnya menata dan mengembangkan kemampuan, keterampilan prajurit melalui pendidikan, latihan, dan melaksanakan evaluasi demi kesempurnaan Kopassus dalam melaksanakan tugas operasi baik di dalam maupun di luar negeri.

Dia berharap Kopassus ke depan lebih profesional tangguh dan adaptif dalam menghadapi tantangan global untuk mendukung tugas pokok TNI.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dosen Tetap Unhan

Sementara itu, Danjen Kopassus yang baru Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa mengucapkan banyak terima kasih kepada pimpinan TNI AD yg telah memberikan amanah dan kepercayaan kepadanya untuk memimpin satuan terbaik di negeri ini.

"Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada keluarga dan kedua orang tua yang selalu mendoakan, mendampingi, dan mendukung sehingga saya bisa dapat dipercaya menjadi Komandan Jenderal Kopassus," kata Teguh yang sebelumnya menjabat sebagai dosen tetap di Universitas Pertahanan (Unhan) sejak 24 Maret 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.