Sukses

Ini Wejangan Polisi untuk Dirut Transjakarta Terkait Sederet Kecelakaan Bus TJ

Dirut Transjakarta Yana Aditya bertemu Dirlantas Polda Metro Jaya terkait sederet kasus kecelakaan lalu lintas yang dialami bus TJ belakangan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama (Dirut) PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Mochammad Yana Aditya menggelar pertemuan dengan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

Pertemuan berlangsung di Gedung Biru Ditlantas Polda Metro Jaya, hari ini, Kamis (9/12/2021) sore.

Dalam pertemuan itu, Sambodo memberikan beberapa rekomendasi dalam rangka pembenahan manajemen Transjakarta. Hal itu menyusul sederet kecelakaan lalu lintas yang melibatkan bus Transjakarta (TJ) dalam beberapa waktu terakhir.

"Ada beberapa saran-saran perbaikan, manajemen yang sudah kita sampaikan ke pihak Transjakarta dan pihak Transjakarta sendiri berjanji memperbaiki dan melaksanakan rekomendasi yang kita berikan," ujar Sambodo usai pertemuan.

Sambodo merinci, saran yang diberikan Ditlantas Polda Metro Jaya khususnya berkaitan dengan perbaikan pada sistem kerja sopir dan pengawasan internal Transjakarta.

"Beberapa rekomendasi jam operasional, jam istirahat para sopir termasuk juga pengawasan di koridor. Nanti akan ditinjau oleh pihak Transjakarta," ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rewards and Punishment untuk Sopir Transjakarta

Sambodo mengatakan, kepolisian juga mengusulkan adanya pemberian penghargaan (rewards) dan hukuman (punishment) dalam menilai kinerja sopir bus Transjakarta.

"Pemberian reward dan punishment terkait dengan pengelolaan aspek keselamatan Transjakarta, kemudian penghargaan bagi driver terbaik misalnya atau peninjauan terkait dengan permesinan, standar keselamatan hingga kecepatan, tempat untuk istirahat driver dan sebagainya," ucap dia.

Sambodo berharap, rekomendasi dijalankan dengan baik oleh pihak Transjakarta supaya ada perubahan di segi pelayanan dan keselamatan. Sehingga, kecelakaan lalu lintas bisa diminimalkan.

"Kita semua berharap Transjakarta sebagai public transport di Jakarta itu tahun 2022 bisa lebih meningkat kinerjanya, keselamatannya dan tentunya saja bisa memberikan pelayanan ke mayarakat khususnya di Ibu kota Jakarta," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.