Sukses

4 Pernyataan Dirut Transjakarta Terkait Kecelakaan yang Belakangan Kerap Terjadi

Belakangan ini kerap terjadi kecelakaan bus Transjakarta. Sistem kerja awak Transjakarta pun disorot.

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini kerap terjadi kecelakaan bus Transjakarta. Beredar spekulasi di masyarakat, kecelakaan terjadi lantaran sopir Transjakarta bekerja melebihi batas waktu yang wajar.

Namun, pihak Transjakarta langsung membantah tudingan tersebut. Seluruh sopir bekerja bekerja sesuai waktu yang ditentukan.

"Tidak ada yang lebih dari delapan jam. Sesuai SOP, tidak ada," kata Direktur Utama PT Transjakarta Mochammad Yana Aditya di Jakarta, seperti dilansir Antara, Rabu 8 Desember 2021.

Selain itu, Yana berjanji pihaknya akan mematuhi rekomendasi perbaikan hasil audit dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terkait keselamatan kerja.

"Terkait protap yang ditekankan oleh Deputi, dari KNKT kami berdiskusi tentang bagaimana kami semua nanti akan ikut serta mengikuti arahan dari KNKT," kata Yana.

Berukut deretan tanggapan Transjakarta terkait kecelakaan beruntun yang terjadi belakangan ini dihimpun Liputan6.com :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Bantah Sopir Bekerja Melebihi Batas Waktu

Beberapa waktu belakangan, armada Transjakarta beberapa kali mengalami kecelakaan. Ada spekulasi, kecelakaan terjadi lantaran sopir Transjakarta bekerja melebihi batas waktu yang wajar.

Namun, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) membantah tudingan tersebut. Seluruh sopir bekerja sesuai waktu yang ditentukan.

"Tidak ada yang lebih dari delapan jam. Sesuai SOP tidak ada," kata Direktur Utama PT Transjakarta Mochammad Yana Aditya di Jakarta, seperti dilansir Antara, Rabu 8 Desember 2021.

 

3 dari 6 halaman

2. Janji Patuhi Hasil Audit KNKT

PT Transjakarta berjanji akan mematuhi rekomendasi perbaikan hasil audit dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terkait keselamatan kerja.

Hal itu buntut insiden kecelakaan bus beruntun yang terjadi dalam sepekan terakhir.

"Terkait protap yang ditekankan oleh Deputi, dari KNKT kami berdiskusi tentang bagaimana kami semua nanti akan ikut serta mengikuti arahan dari KNKT," kata Yana.

Rekomendasi itu, akan diikuti PT Transjakarta termasuk pihak ketiga atau operator. Di mana dalam jumpa pers ini turut dihadiri dari pihak Mayasari, PPD, Pahala Kencana, Bianglala, Kopaja, dan Steady Safe selaku operator mitra dari Transjakarta.

"Kami dari keluarga besar Transjakarta, dari 6 operator sepakat akan menjalankan semua pedoman keselamatan, yang nanti akan kita jadikan acuan baru keselamatan Tranjakarta," ucap Yana.

 

4 dari 6 halaman

3. Lakukan Evaluasi Menyeluruh

Di sisi lain Transjakarta, kata Yana, juga tengah melakukan evaluasi secara menyeluruh termasuk kepada para operator terkait pedoman SOP (Standar Operasional Prosedur) untuk dilakukan perbaikan berdasarkan hasil temuan KNKT.

"Kami harap dalam proses untuk meningkatkan transportasi transjakarta kita semua bisa berkolaborasi untuk bisa masing melakukan evaluasi untuk keselamatan dan SOP," kata dia.

 

5 dari 6 halaman

4. Pastikan Semua Punya Standar Sama

Walau tidak menjabarkan secara rinci, namun Yana memastikan jika SOP semua operator akan dibuat sama. Salah satunya caranya, dengan membuat pelatihan standar mengemudi bagi para sopir.

"Terkait personel sopir dan aspek rekrutmen, kami semua membuka kembali mengenai SOP. Kami semua sudah sepakat, pertama buat SOP yang sama sehingga standarnya sama," katanya.

"Kedua akan sama-sama buat satu pelatihan para pengemudi kita, sehingga standar sama. Jadi gimana mengemudi dengan aman dalam kondisi standar yang ada di TransJakarta," jelas Yana.

 

(Yunita Wisikaningsih)

6 dari 6 halaman

Begini Cara Mudah Mengajukan Santunan Jasa Raharja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.